SOLOPOS.COM - Ilustrasi belajar bahasa asing. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLOBahasa merupakan alat komunikasi sosial yang sering digunakan masyarakat seluruh dunia.

Ada beberapa negara di dunia menggunakan lebih dari satu bahasa, termasuk bahasa nasionalnya. Negara-negara yang memiliki beragam bahasa ini berasal dari multikulturalisme dan globalisasi di seiring berkembangnya zaman.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Dilansir dari weforum.org, terdapat hampir 7.117 bahasa yang digunakan di seluruh dunia, tetapi ini tidak tersebar secara merata di seluruh dunia. Berikut daftar negara dengan keragaman bahasa terbanyak di dunia.

1. Papua Nugini

Papua Nugini tercatat sebagai negara dengan bahasa terbanyak di dunia dengan bahasa resminya Papua Nugini. Negara ini memiliki 840 bahasa yang digunakan di negaranya.

Pulau di Pasifik barat daya ini mungkin hanya memiliki populasi kecil yang hanya 8 juta penduduk. Tetapi jumlah bahasanya lebih dari dua kali lipat bahasa yang digunakan di seluruh Eropa.

2. Indonesia

Bahasa Indonesia dikategorikan sebagai salah satu bahasa paling populer di dunia. Indonesia sendiri terkenal dengan keberagamannya di bidang budaya termasuk bahasa.

Indonesia memiliki 711 bahasa yang tersebar di berbagai daerahnya. Sebagian besar di antaranya adalah penutur asli.

3. Nigeria

Ada banyak sekali bahasa Afrika di dunia. Nigeria khususnya menampung 517 bahasa secara keseluruhan.

Bahasa resmi yang diucapkan adalah bahasa Inggris. Tetapi Igbo adalah bahasa populer lainnya yang digunakan di negara ini dan dituturkan oleh lebih dari 20 juta orang.

4. India

Melansir dari Babbel, bahasa India sebenarnya adalah 22 bahasa resmi yang terpisah. Ini termasuk Bengali, Hindi, Maithili, Nepal, Sanskerta, Tamil, Urdu, Assam, Dogri, Kannada, Gujarati, Bodo, Manipur, Oriya, Marathi, Santali, Telugu, Punjabi, Sindhi, Malayalam, Konkani dan Kashmir. Namun secara total, India memiliki 456 bahasa.

5. Amerika Serikat

Sebagian orang mungkin belum mengetahui bahwa Amerika Serikat sebenarnya tidak memiliki bahasa resmi. Meski banyak yang beranggapan bahwa bahasa Inggris adalah bahasa resmi di negara ini, sebenarnya itu adalah salah satu dari 430 bahasa yang digunakan.

Bahasa Spanyol termasuk dalam daftar itu, Cina, Prancis , dan Tagalog hanyalah beberapa bahasa umum yang digunakan di AS.

6. Australia

Australia tidak memiliki bahasa resmi. Namun, bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa nasional secara hukum.

Australia memiliki 312 bahasa lisan, dengan bahasa Mandarin sebagai dialek non-Inggris terbesar yang digunakan. Bahasa lain yang digunakan di Australia termasuk Punjabi, Filipino/Tagalog, dan Arab.

7. China

China mungkin memiliki populasi tertinggi di seluruh dunia. Tetapi berada di urutan ke-7 dalam daftar negara dengan bahasa terbanyak.

Bahasa China standar adalah bahasa resmi yang digunakan di mainland China. Bahasa lain yang berstatus resmi adalah bahasa Kanton. Namun secara total, China memiliki 309 bahasa yang digunakan.

8. Meksiko

Meskipun bahasa Spanyol adalah bahasa yang paling umum di Meksiko, negara ini memiliki 292 ragam bahasa di seluruh negeri. Faktanya, pemerintah Meksiko mengakui 68 bahasa nasional sisanya adalah bahasa asli atau sebut saja bahasa daerah.

9. Kamerun

Kamerun memiliki 274 bahasa. Beberapa bahkan mengatakan bahwa negara ini sebenarnya memiliki sekitar 600 bahasa.

Bahasa Prancis dan Inggris adalah bahasa resmi, namun bahasa lain membentuk keragaman linguistik negara termasuk Bafia, Bafut dan Bakoko.

10. Brasil

Brasil juga termasuk sebagai salah satu negara dengan populasi tertinggi di dunia dan masuk dalam daftar negara dengan bahasa yang paling banyak digunakan.

Portugis adalah bahasa resmi dan nasional serta ada beberapa bahasa lain yang digunakan. Total keseluruhan ada 221 bahasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya