News
Sabtu, 26 Agustus 2023 - 09:00 WIB

10 Daerah di Indonesia dengan Kualitas Udara Terbaik dan Terbersih di Indonesia

Nugroho Meidinata  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi hutan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Daerah dengan kualitas udara terbaik dan terbersih di Indonesia bikin penasaran masyarakat. Hal ini mengingat ramainya pemberitaan tentang ibu kota Jakarta yang mempunyai kualitas udara tidak sehat dan terburuk di Tanah Air.

Kualitas udara di Jakarta yang tidak sehat itu menimbulkan efek yang luar biasa. Kasus infeksi saluran pernapasan mengalami peningkatan, ditambah dengan kebijakan pemerintah yang menetapkan Work From Home (WFH) untuk ASN di wilayah DKI Jakarta.

Advertisement

Namun, berdasarkan data yang kualitas udara di laman Iqair.com, kualitas udara terburuk di Indonesia per Sabtu (26/8/2023) ditempati oleh Kota Depok, Jawa Barat, dengan angka AQI sebesar 194 yang masuk dalam kategori tidak sehat. Setelah Depok, berturut-turut ada Tangerang Selatan, Kabupaten Serang, Pasar Kemis, Cibinong, Karawang, Gedongtatan, Serpong, Kota Bandung, dan Cileungsir.

Kemudian, daerah mana saja yang memiliki kualitas udara terbaik dan terbersih di Indonesia?

Untuk mengukur kualitas udara di berbagai daerah digunakan angka AQI yang ditentukan berdasarkan pada polutan udara. Dalam menghitung AQI dan menentukan warna kode, pembacaan AQI pada program AirVisual IQAir berdasarkan pada Standar Kualitas Ambien Nasional atau disingkat dengan NAAQS oleh Badan Perlindungan Lingkungan AS. Pemantau kualitas udara SeriAirVisual mengukur tingkat PM2.5, PM1, PM10, dan karbondioksida.

Advertisement

Seri AirVisual ini juga menggunakan PM2.5 atau partikel halus untuk menentukan AQI karena tersedia secara luas dan dianggap sebagai polutan udara paling berbahaya. Penentuan PM2.5 diukur dengan satuan microgram per meter kubik dengan warna kode yang berbeda-beda.

Pada angka 0 hingga 12,0 merupakan udara dengan level yang bagus dan diberi warna kode hijau, pada angka 12,1 hingga 35,4 merupakan udara dengan level sedang yang diberi warna kode kuning, pada angka 35,5 hingga 55,4 merupakan udara dengan level tidak sehat untuk kelompok orang yang sensitif dengan warna kode oranye.

Pada angka 55,5 hingga 150,4 merupakan udara dengan level tidak sehat dengan warna kode merah, pada angka 150,5 hingga 250,4 merupakan udara dengan level sangat tidak sehat dengan kode warna ungu, dan jika mencapai lebih dari angka 250,5 maka level udara sudah berbahaya dengan warna kode merah tua.

Advertisement

Nah, berikut ini 10 daerah dengan kualitas udara terbaik dan terbersih di Indonesia pada Sabtu (26/8/2023) di laman Iqair.com.

Daerah dengan Kualitas Udara Terbesih dan Terbaik di Indonesia

  1. Desa Salimbatu, Bulungan, Kalimantan Utara – AQI 13.
  2. Kota Kupang, NTT – AQI 20.
  3. Kota Medan, Sumatra Utara – AQI 21.
  4. Kota Sorong, Papua Barat – AQI 21.
  5. Pangkalpinang, Bangka Belitung – AQI 22.
  6. Kota Banda Aceh, Aceh – AQI 24.
  7. Mamuju, Sulawesi Barat – AQI 25.
  8. Balikpapan, Kalimantan Timur – AQI 30.
  9. Desa Mengkatip, Barito Selatan, Kalimantan Tengah – AQI 34.
  10. Kec. Matur, Agam, Sumatra Barat – AQI 36.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif