SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia (pssi.org)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang Exalos Regional Sragen berhasil mengevakuasi 17 ekor ular jenis piton dan anakan kobra dari rumah warga menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (26/12/2021) pagi.

Dijelaskan, dari 17 ekor ular yang dievakuasi dalam sebulan itu, 12 ekor di antaranya merupakan ular anakan kobra.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Sebagai alarm alami adanya ular, Exalos yang merupakan komunitas pencintan dan penyelamatan hewan ini menyarankan warga untuk memelihara kucing.

Ketua Exalos Regional Sragen, Lanjar Purbowo, mengungkapkan belakangan banyak menerima aduan warga soal adanya ular di rumah mereka. Kebanyakan ular anakan kobra.

“Memang saat ini musimnya telur ular menetas. Untuk kehati-hatian, masyarakat diimbau harus rajin-rajin bersih-bersih lingkungan di sekitar rumah dan di dalam rumah. Warga akan lebih baik lagi bisa memelihara kucing sebagai alarm alami adanya ular masuk rumah,” ujar Lanjar.

Baca Juga: Viral, Ekspresi Kocak Asnawi Saat Pemain Singapura Seusai Gagal Penalti

Dia menerangkan kucing itu disebut alarm alami karena bila ular masuk rumah itu biasanya kucing akan tahu karena kepekaan inderanya. Dia menerangkan kucing bisa saja membunuh ular itu walaupun kadang-kadang dibuat mainan dulu oleh kucing.

Lanjar menambahkan 17 ekor ular yang dievakuasi itu berasal dari Kecamatan Sragen Kota, Sukodono, Plupuh, Gemolong, dan Masaran. Ular kobran, menurutnya, paling banyak ditemukan. Ini karena ular ini mudah beradaptasi.

“Kobra ini bisa hidup dimana saja, baik di sawah, sungai, maupun perumahan. Pada Senin [21/12/2021], kami juga sempat mengevakuasi piton di rumah milik warga Kampung Sumengko, Sragen Tengah,” ujarnya.

Piton kembangan yang biasa dikenal dengan sebutan ular sawah kembang itu ditemukan sedang melilit struktur atap rumah. Exalos menggandeng tim pemadam kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen saat mengevakuasi ular besar tersebut.

Selain ulasan tentang ular tersebut, ulasan lain tekait tempat wisata menarik di Boyolali, motif anggota TNI buang jasad 2 remaja korban tabrak lari, hingga Indonesia lolos Final Piala AFF 2020 juga menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Baca Juga: Dugaan Jenazah TKI Diautopsi Ilegal, Malaysia Didesak Bertindak

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com 24 jam terakhir hingga Minggu pagi:

Waspada Musim Ular, Warga Diimbau Pelihara Hewan Ini Sebagai Alarm

Terkuak! Motif Anggota TNI Buang Jasad 2 Remaja Korban Tabrak Lari

Mengintip Sekalus, Kampung Tengah Hutan Madiun yang Dihuni 10 Keluarga

Ini Dia Gereja Tertua dan Pertama di Kota Solo

Ini Sosok 3 Anggota TNI Terduga Pelaku Tabrak Lari di Nagreg Bandung

Terungkap! Anggota TNI Pelaku Tabrak Lari di Nagreg Kasi Intel Korem

Mau Piknik? Kebun Raya Indrokilo Boyolali Tutup di Tanggal Ini Ya Lur

3 Anggota TNI Pelaku Tabrak Lari Bandung Terancam Penjara Seumur Hidup

Taklukkan 8 Pemain Singapura, Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020

Nonton Laga Indonesia Vs Singapura, Ketua PSSI: Jantung Saya Mau Copot

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya