SOLOPOS.COM - Ratusan orang ngalap berkah dengan berebut air bekas penyucian kelambu penutup makam Pangeran Samudro. Tradisi Larap Slambu diselenggarakan setiap tanggal 1 Suro, bertepatan dengan haul Pangeran Samudro di Gunung Kemukus, Desa Pendem, Sumberlawang, Sragen. Foto diambil, Kamis (15/11/2012). (Mahardini/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang isi wasiat Pangeran Samudro yang disalahartikan menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat (7/1/2022).

Pangeran Samudro merupakan putra Raja Majapahit terakhir dari istri selir yang makamnya berada di Gunung Kemukus, Sumberlawang, Sragen.

Promosi BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

Seperti diketahui, keberadaan Gunung Kemukus di Sragen ini dahulu erat dengan praktik seks bebas yang dibungkus ritual pesugihan.

Ternyata hal ini ada kaitannya dengan isi wasiat yang diucapkan Pangeran Samudro semasa hidupnya. Wasiat tersebut disalahartikan oleh para peziarah yang mendatangi bukit setinggi 300 mdpl itu.

Baca Juga: Malam Jumat Pon, Dianggap Waktu Tepat Ziarah ke Makam Pangeran Samudro

Mengutip dari penelitian dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, isi wasiat dari Pangeran Samudro, sosok yang makamnya berada di Gunung Kemukus adalah sebagai berikut.

“Sing sopo duwe panjongko marang samubarang kang dikarepke bisane kelakon iku kudu sarono pawitan temen, mantep, ati kang suci, ojo slewang-sieweng, kudu mindeng marang kang katuju, cedhakno dhemene kaya dene yen arep nekani marang penggonane,” bunyi wasiat berbahasa Jawa itu.

Dalam bahasa Indonesia memiliki arti, “Barangsiapa berhasrat atau punya tujuan untuk hal yang dikehendaki maka untuk mencapai tujuan harus dengan kesungguhan, mantap, dengan hati yang suci, jangan serong kanan/kiri harus konsentrasi pada yang dikehendaki atau yang diinginkan, dekatkan keinginan, seakanakan seperti menuju ke tempat kesayangannya atau kesenangnannya.”

Selain ulasan tentang isi wasiat Pangeran Samudro, ulasan lain tentang dua proyek Pemkot Solo diwarnai penolakan warga, kronologi 4 warga Boyolali hanyut di Pantai Glagah, hingga rica-rica pedas Mbok Usrek Boyolali juga menjadi berita terpopuler.

Baca Juga: Antam Naik UBS Turun! Cek Harga Emas Pegadaian Jumat 7 Januari 2022

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com 24 jam terakhir hingga, Jumat (7/1/2022):

Isi Wasiat Pangeran Samudro yang Disalahartikan Peziarah Gunung Kemukus

2 Proyek Besar Pemkot Solo Diwarnai Penolakan, Ini Saran untuk Gibran

Sedih, Ini Kronologi 4 Warga Musuk Boyolali Hanyut di Pantai Glagah

Asale Pepali, Pantangan Warga Banyumasan

Wasiat Pangeran Samudro, dari Kata Dhemenan Ditafsirkan Ngalap Berkah

Rica-Rica Pedas Mbok Usrek Boyolali, Kuliner Legendaris Harga Mahasiswa

Ada Terowongan Bawah Laut Nusakambangan, Begini Nasibnya

Ustaz Yusuf Mansur Hadapi 3 Gugatan di PN Tangerang

Ini Alasan Nusakambangan Dijadikan Pulau Penjara

Ngeri! Begini Cerita Misteri Petugas Lapas dan Warga Nusakambangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya