SOLOPOS.COM - Peta Provinsi Jawa Tengah (Jateng). (wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang wacana pemekaran wilayah yang mengemuka menyusul beredarnya usulan tentang 9 provinsi baru di Pulau Jawa, termasuk di Jawa Tengah (Jateng), menjadi berita terpopuler laman Solopos.com, Sabtu (19/2/2022) pagi. Namun sebenarnya sebelum itu sejumlah daerah di Jateng telah mewacanakan pemekaran wilayah.

Berita terpopuler itu membeberkan setidaknya ada empat kabupaten di Jateng yang pernah mengusulkan pemekaran wilayah menjadi daerah otonomi baru atau bergabung dengan kabupaten lain. Yakni Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, serta Kabupaten Semarang. Wilayah-wilayah tersebut cukup luas dan penduduknya pun tergolong banyak sehingga mengusulkan pemekaran wilayah.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Kemudian ada pula kabar soal banjir dan tanggul sungai di Semarang jebol setelah diguyur hujan deras yang juga masuk jajaran 10 berita terpopuler pagi ini. Diberitakan, hujan deras yang mengguyur Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (18/2/2022) siang menyebabkan sejumlah wilayah tergenang air, atau banjir. Tak hanya itu, hujan juga membuat tanggul sungai di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang, jebol.

Baca juga: Sejarah Loji Gandrung, yang Kini Jadi Rumah Dinas Wali Kota Solo

Berdasarkan data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, ada sejumlah wilayah yang terdampak banjir antara lain Jalan Soekarno-Hatta, tepatnya di bawah terowongan tol. Kemudian, Jalan Kintelan Baru, Jalan Walisongo, tepatnya di depan Kantor Kelurahan Wonosari sampai dengan Pabrik Sango.

Meluapnya DAS Bringin

Selanjutnya Kelurahan Wonosori, Kecamatan Ngaliyan, yang mengalami banjir akibat meluapnya DAS Bringin. Banjir juga melanda permukiman warga di Kalurangan Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu; Kelurahan Mangunharjo, dan di Kelurahan Mangkang Kulon.

Selain ulasan tentang usulan pemekaran wilayah di Jateng serta banjir di Semarang, kabar lain soal mitos orang Pati dilarang nikah dengan orang Kudus, kisah Syekh Jangkung, asale Kampung Kalangan Solo, hingga misteri lawang bledeg juga masuk daftar 10 berita terpopuler pagi ini.

Berikut 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Sabtu pagi:

Ini Daerah di Jateng yang Usul Pemekaran Wilayah, Nomor 3 Paling Luas

Mitos Orang Pati Dilarang Nikah dengan Orang Kudus, Ini Sebabnya

Brebes Selatan Sudah Dapat Restu Pemekaran Wilayah? Tapi…

Hujan Deras, Banjir & Tanggul Sungai Jebol di Semarang

Syekh Jangkung, Sumber Mitos Orang Pati Nikah dengan Orang Kudus

Mitos Putri Mayang Sari, Sosok Perempuan Cantik yang Sakti dari Jember

Asale Kampung Kalangan Jebres Solo, Bekas Pemukiman Wong Kalang?

Misteri Sumur Minyak Tua Tinggalan Belanda di Desa Ledok Blok Cepu

Kisah Misteri Pintu Penangkal Petir Alias Lawang Bledeg di Demak

Habib Syech Solo Lantunkan Selawat Pepali Ki Ageng Selo, Ini Liriknya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya