SOLOPOS.COM - Perwakilan belasan organ relawan berfoto bersama saat konsolidasi di Baki, Selasa (11/6/2024) malam. (Istimewa/Relawan AMPS)

Solopos.com, SUKOHARJO–Ulasan tentang sedikitnya 16 organ relawan di Sukoharjo merapatkan barisan untuk mendukung Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa, sebagai bakal calon bupati (cabup) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo menjadi berita terpopuler laman Solopos.com, Kamis (13/6/2024) siang.

Berita terpopuler tersebut mengungkap para relawan menggaungkan politik riang gembira yang mengedepankan semangat positif, partisipasi masyarakat, dan dialog konstruktif.

Promosi Kisah Penjahit Jadi Pengusaha Sukses Berkat Holding Ultra Mikro BRI

Belasan organ relawan itu antara lain Barisan Rakyat Sukoharjo Makmur (Barasukma), Bang Japar, Kompas, Pasti, FO2KMS, Arus Bawah Sukoharjo, dan Banteng Lawas berkumpul di Baki, Selasa (11/6/2024) malam. Mereka tergabung dalam wadah bernama Aliansi Masyarakat Peduli Sukoharjo atau AMPS. Para relawan sepakat mendukung Agus Santosa maju dalam Pilkada Sukoharjo dengan mengedepankan politik riang gembira.

Ketua AMPS Ajiyono mengatakan konsolidasi organ relawan digelar untuk membahas rencana deklarasi di masing-masing kecamatan di Sukoharjo secara bergiliran. Deklarasi kali pertama direncanakan digelar pada 27 Juni di Desa Alasombo, Kecamatan Weru.

“Kami tidak akan memobilisasi massa dalam acara deklarasi dukungan kepada Pak Agus. Justru, deklarasi digelar dengan melibatkan masyarakat setempat. Sebagai contoh, kalangan ibu-ibu atau karang taruna desa atau anggota kelompok tani,” kata dia.

Menurut Ajiyono peta persaingan politik menjelang pendaftaran bakal calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup) semakin kentara. Hal ini harus disikapi dengan semangat positif dan partisipasi masyarakat dalam menyongsong pesta demokrasi 2024.

Keterlibatan masyarakat diberi porsi lebih besar lantaran mereka yang akan menentukan calon pemimpin masa depan Sukoharjo lima tahun mendatang.

Keran dialog konstruktif dengan menyerap gagasan, ide, dan pemikiran dari elemen masyarakat harus dibuka selebar-lebarnya.

“Politik ruang gembira menjadi proses untuk menciptakan ruang demokrasi yang sehat. Kami menggarisbawahi pentingnya integritas dan pemberdayaan masyarakat dalam menjalankan urusan publik,” ujar dia.

Selain ulasan tentang relawan di Sukoharjo menggaungkan politik riang gembira, kabar lain tentang perkembangan politik menjelang Pilkada serentak 2024, Pilkada Jateng, kualifikasi Piala Dunia, hingga persiapan Iduladha juga masuk daftar berita terpopuler siang ini.

Berikut 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Kamis (13/6/2024) siang: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya