SOLOPOS.COM - Lokasi benteng Keraton Kartasura di Kampung Krapyak Kulon, Kelurahan Kartasura, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, yang dijebol warga.(Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pernyataan Ketua Eksekutif Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Solo, KPH Eddy Wirabhumi, menyayangkan tembok Benteng Keraton Kartasura yang dijebol warga, menjadi berita terpopuler laman Solopos.com, Sabtu (23/4/2022). Dia menyebut tindakan itu sebagai perusakan situs cagar budaya.

Berita terpopuler itu mengulas sebagaimana diketahui, tembok Benteng Keraton Kartasura yang dibongkar dengan alat berat itu adalah Benda Cagar Budaya (BCB). Artinya bangunan bersejarah berusia ratusan tahun itu wajib dilindungi dan tidak boleh diutak-atik.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

“Ini sungguh kejadian yang sangat memprihatinkan. Sudah jelas itu situs cagar budaya, tahu-tahu dirusak,” katanya kepada Solopos.com melalui pesan Whatsapp, Jumat (22/4/2022).

Baca juga: Pelaku Perusakan Benteng Keraton Kartasura Terancam 15 Tahun Penjara

Suami Gusti Moeng itu menambahkan Keraton Kartasura adalah bagian penting dari perjalanan Kesultanan Mataram Islam. Oleh sebab itu sebagai pihak keraton, dia amat menyayangkan tindakan yang merusak situs cagar budaya tersebut.

“Mungkin orang menilai ini hanya tembok benteng. Tapi masalahnya tembok ini adalah bagian cagar budaya yang dilindungi undang-undang,” tandasnya.

Dibawa ke Ranah Hukum

KPH Eddy Wirabhumi mengatakan kasus tembok Benteng Kartasura yang dijebol itu sudah dibawa ke ranah hukum. Beberapa pihak telah dimintai keterangan sebagai tindak lanjut masalah tersebut.

“Ini jelas jelas perusakan cagar budaya. Inilah saatnya kita menegakkan UU Cagar Budaya yang sering tidak dihormati,” sambung dia.

Selain ulasan tentang sikap Keraton Solo, kabar lain seputar serba-serbi perusakan benteng Keraton Kartasura, aksi polisi Wonogiri yang ditembak polisi Solo, perkembangan Ngargoyoso, titik 0 km Semarang, hingga kisah Liena Ozora juga masuk daftar 10 berita terpopuler pagi ini.

Berikut 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Sabtu pagi:

Benteng Keraton Kartasura Dijebol Warga, Ini Respons Keraton Solo

Waduh, Benteng Keraton Kartasura Hancur Dijebol Pakai Alat Berat

Pemkab Sukoharjo Sesalkan Warga Nekat Jebol Benteng Keraton Kartasura

Polisi Wonogiri Ditembak: 15 Kali Beraksi di Soloraya hingga Semarang

Bukan Simpang Lima atau Tugu Muda, Ini Lokasi Titik 0 KM Semarang

Diapit Resto, Rumah di Ngargoyoso Ditawar Rp5 Juta/Meter Emoh Dilepas

Warga Jebol Benteng Keraton Kartasura Ngaku Tak Tahu Berstatus BCB

4 Fakta Polisi Wonogiri Ditembak Polisi Solo: Jomblo – Suka Berulah

Ini Kisah Liena Ozora, Sopir Bus Cantik Asal Wonogiri

Round Up Kronologi Lengkap Polisi Wonogiri Ditembak Polisi Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya