SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama PB XIII dan keluarga Keraton Solo seusai bertemu dan makan siang di Loji Gandrung, Solo, Rabu (4/1/2023). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO–Berita tentang insiden saat sesi wawancara seusai pertemuan keluarga besar Keraton Solo dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di Loji Gandrung Solo, Rabu (4/1/2023) siang menjadi berita terpopuler Solopos.com, Kamis (5/1/2023).

Berita itu mengulas tentang pertemuan keluarga besar Keraton Solo yang dipimpin PB XIII dan permaisuri G.K.R. Pakoe Boewono dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Promosi BRI Peduli Ini Sekolahku, Wujud Nyata Komitmen BRI Bagi Kemajuan Pendidikan

Pertemuan itu menumbuhkan optimisme akan lahirnya perdamaian di Keraton Solo. Terlebih pertemuan tersebut terjadi setelah rekonsiliasi antara Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Solo G.K.R. Wandansari yang akrab disapa Gusti Moeng dengan PB XIII pada Selasa (3/1/2022) sore.

Namun, sempat terjadi insiden yang mengundang tanda tanya saat sesi wawancara seusai pertemuan di Loji Gandrung tersebut. Insiden itu bermula saat Gusti Moeng meminta izin PB XIII untuk berbicara.

Setelah itu Gusti Moeng menyebut G.K.R. Pakoe Boewono dengan nama Pradapaningsih. “Rekan-rekan wartawan, seperti yang sudah disampaikan Ibu Pradapaningsih menika, bahwa Sinuhun, …,” ujarnya yang kemudian dipotong oleh G.K.R. Pakoe Boewono.

G.K.R. Pakoe Boewono langsung memotong paparan Gusti Moeng yang tak menyebutnya sebagai permaisuri G.K.R. Pakoe Boewono.

“Gusti, saya Prameswari Dalem Gusti, Ratu Pakoe Boewono. Dulu Pradapaningsih yang jadi Piyantun Dalem,” ujarnya.

Selain itu terdapat berita lain yang masuk 10 berita terpopuler Solopos.com seperti tentang penutupan viaduk Gilingan, Solo selama tiga bulan dan pernyataan Wali Kota Solo, Gibran, mengenai akhir konflik Keraton Solo.

Selain itu terkait Solo Safari yang membuka lowongan kerja dan Putra Mahkota Keraton Solo yang menyebut semua harus tunduk perintah raja.

Berikut 10 berita terpopuler Solopos.com pada Kamis.

Momen GKR Pakoe Boewono Potong Paparan Gusti Moeng, Tegaskan Dirinya Permaisuri

Viaduk Gilingan Solo Ditutup 3 Bulan, Simpang Joglo Siap Jadi Jalur Pengalihan

Gibran soal Akhir Konflik Keraton Solo: Coba Damainya sebelum Saya ke Dubai

Solo Safari Buka Lowongan Kerja Banyak Posisi, Cek Tanggal Pendaftarannya!

Konflik Keraton Solo Berakhir, Putra Mahkota: Semua Harus Tunduk Perintah Raja

Keraton Solo Tak Dapat Dana Revitalisasi, Gibran: APBN-APBD Telanjur Digedok

Begini Nasib Pria Selingkuh dengan Mertua

Gaji Karyawan Indomaret untuk Semua Jabatan, Kepala Gudang Rp13 Juta

Tertutup, PB XIII dan Keluarga Keraton Solo Bertemu Gibran di Loji Gandrung

Gedung Kebudayaan Karanganyar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya