SOLOPOS.COM - Rudi Raharjo, 27, petani milenial asal Desa Bogem, Kecamatan Bayat yang sukses membudidayakan melon, Jumat (6/1/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Berita tentang kesuksesan seorang pemuda di Bogem, Klaten bertani melon di kampung halaman setelah merantau dari Jakarta menjadi berita terpopuler Solopos.com, Minggu (9/1/2023).

Berita itu mengulas tentang Rudi Raharjo, 27, warga Desa Bogem, Kecamatan Bayat yang sukses menjadi petani melon setelah memutuskan berhenti merantau lantaran jenuh melakoni pekerjaan sebagai pekerja bangunan di Jakarta.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Dia menanam melon di green house dan budi daya dilakukan secara hidroponik. Berjalan dua tahun, usaha Rudi mulai membuahkan hasil dengan memproduksi melon kualitas supermarket. Apalagi, saat ini pasar melon masih menjanjikan.

Pria lulusan SMKN Ngawen, Gunungkidul jurusan otomotif itu awalnya bekerja sebagai kuli bangunan di Jakarta. Bertahun-tahun bekerja, Rudi mulai jenuh. Oleh seorang temannya, dia mendapatkan saran menggeluti bidang pertanian.

Orang tua temannya itu membudidayakan tanaman dengan cara hidroponik. Lalu Rudi belajar hidroponik dari ayah temannya. Pria lajang itu meyakini usaha yang paling menjanjikan yakni usaha di bidang pertanian.

“Pertanian itu tidak bakal mati. Ibaratnya, selama manusia hidup, masih butuh makan,” kata Rudi saat ditemui Solopos.com di Desa Bogem, Kecamatan Bayat, Jumat (6/1/2023).

Rudi semakin tertarik pada dunia pertanian terutama melon setelah berselancar di internet dan mendapati prospek buah dari keluarga labu itu menjanjikan. Pasar domestik ternyata masih kurang-kurang.

Memutuskan mundur dari dunia perkulian, Rudi pulang kampung dan mencoba menanam melon dengan sistem hidroponik mulai 2020.

Selain itu terdapat berita lainnya yang masuk 10 berita terpopuler seperti ulasan mengenai kronologi polisi Pamekasan yang tega jual istri kepada sesama polisi sejak 2015 dan polisi membekuk pembunuh asisten rumah tangga di Cipayung. Selain itu warga Grogol Sukoharjo meninggal dunia akibat kecelakaan di Wonogiri dan satu orang meninggal dunia karena kecelakaan di Sragen.

Berikut 10 berita terpopuler Solopos.com, Senin:

Pulang Merantau dari Jakarta, Pemuda Bogem Klaten Ini Sukses Jadi Petani Melon

Ini Kronologi Polisi Pamekasan Tega Jual Istri kepada Sesama Polisi Sejak 2015

Pembunuhan Asisten Rumah Tangga di Cipayung, Pelaku Dibekuk Polisi

Terlibat Kecelakaan Maut di Wonogiri, Warga Grogol Sukoharjo Meninggal Dunia

Kecelakaan di Jl Sukowati Sragen Libatkan 3 Sepeda Motor, 1 Orang Meninggal

Klasemen Proliga 2023 Terbaru: Juara Bertahan Lavani Nangkring di Puncak

Begini Kondisi Norma Risma setelah Dilaporkan Polisi oleh Mantan Suami

Ramai soal Dugaan Tindak Asusila, Ini Biodata Dirut Taspen Antonius Kosasih

Petani Milenial dari Kedawung Sragen, Dorong Pemuda Kembangkan Smart Farming

Duh, Warga Sambungmacan Sragen Meninggal Tertabrak Motor saat Menyeberang Jalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya