SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Wonogiri berusaha menangkap ular piton di usuk rumah warga Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Kamis (21/3/2024) dini hari. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI–Ulasan tentang petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Wonogiri menangkap ular piton sepanjang tiga meter yang memangsa burung dara milik warga di Lingkungan Jetis, Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Kamis (21/3/2024) dini hari, menjadi berita terpopuler laman Solopos.com, Jumat (22/3/2024) pagi.

Dalam berita terpopuler itu disebutkan, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Wonogiri, Joko Santoso, mengatakan personel Damkar Wonogiri menangkap ular piton yang telah memangsa burung dara itu pada Kamis menjelang waktu sahur. Ular sebesar betis orang dewasa itu tertangkap saat tengah melingkar di usuk rumah dekat kandang burung dara milik Untung warga Kelurahan Wuryorejo.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Joko menyebutkan penangkapan ular piton di rumah warga Wuryorejo, Wonogiri, itu merupakan kali keempat dalam kurun waktu setahun ini. Petugas Damkar Wonogiri sudah menangkap tiga ular lain pada waktu sebelumnya di tempat yang sama. Keempat ular itu pun sudah memangsa burung dara milik warga.

”Rumahnya ini dekat hutan, jadi memang rawan disambangi ular. Apalagi ada hewan peliharaan yang bisa mengundang ular-ular itu. Ini sudah kali keempat kami menangkap ular di rumah itu,” kata Joko saat dihubungi Solopos.com, Kamis. Dia melanjutkan warga yang bermukim di dekat hutan seharusnya mengurangi memelihara hewan yang bisa mengundang ular. Perlu juga lingkungan sekitar rumah untuk dijaga kebersihannya.

Usahakan tidak ada barang-barang yang berpotensi menjadi sarang ular. Selain itu menutup lubang-lubang saluran sehingga ular tidak bisa masuk. Saat musim hujan seperti sekarang ini, potensi ular masuk ke permukiman semakin meningkat. Hal itu karena mereka mencari sumber makanan atau mencari tempat bertelur.

“Per hari ini saja sejak Januari 2024, kami sudah menangkap 36 ular yang masuk ke permukiman warga. Maka perlu waspada, terutama mereka yang tinggal dekat hutan atau tegalan,” ujar dia.

Selain informasi penangkapan ular piton oleh petugas Damkar Wonogiri, kabar lain tentang penetapan caleg terpilih Sukoharjo, syarat cabup nonparpol Wonogiri, rencana pemanfaat atrium Sragen, hingga kecelakaan karambol di matesih Karanganyar juga masuk daftar berita terpopuler pagi ini.

Berikut 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Jumat (22/3/2024) pagi:  

Damkar Wonogiri Tangkap Ular Piton di Wuryorejo, Kali Ke-4 di Rumah yang Sama

Penetapan Caleg Terpilih di Sukoharjo Berpedoman PKPU

Lewat Jalur Nonparpol, Cabup Wonogiri 2024 Harus Didukung Minimal 63.403 Warga

Atrium Sragen akan Dimanfaatkan Jadi Bioskop, Kantor Pemda Jadi RTH

Empat Paslon Berpeluang Terbentuk Di Pilkada Karanganyar

PPP Gagal Lolos ke Senayan, Gus Yasin Ungkap Penyebabnya

Jual Bahan Peledak, Warga Ngrampal Sragen Diringkus Polisi Saat Transaksi

2 Mobil & 1 Motor Kecelakaan Karambol di Matesih Karanganyar, 2 Orang Meninggal

SMPN 6 Solo Pindah Sementara ke Eks Gedung SMPN 13

Cek! Ini Daftar Lengkap 120 Caleg Lolos DPRD Jateng pada Pemilu 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya