SOLOPOS.COM - Obyek wisata Soko Langit Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri. (Istimewa Pokdarwis)

Solopos.com, SOLO — Kabar tentang Desa Conto di Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, meraih predikat juara umum kedua dalam ajang Gelar Desa Wisata yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat (29/10/2021).

Tak hanya itu, Desa Conto juga menyabet beberapa gelar juara dari berbagai kategori yang diperlombakan. Gelar juara itu, antara lain juara pertama Kategori Profil Desa Wisata dan juara kedua Kategori Atraksi Seni.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinoeng N. Rachmadi, mengatakan ajang Gelar Desa Wisata merupakan event memberikan apresiasi kepada desa wisata. Selain itu, event ini menjadi upaya Pemprov Jateng memajukan desa wisata di daerahnya.

Baca Juga : Mengerikan, Istri Saksikan Suami Dipenggal Gara-Gara Ilmu Hitam

“Hari ini, meski belum membaik [pandemi] tapi upaya itu [memajukan] desa wisata terus terjaga,” ujar Sinoeng di sela acara penganugerahan Gelar Desa Wisata Provinsi Jateng di Kebumen, Rabu (27/10/2021).

Sementara itu, predikat juara umum pertama desa wisata terbaik di Jateng diraih Desa Cikakak, Kabupaten Banyumas. Juara ketiga direbut Desa Serang, Kabupaten Purbalingga.

Desa Conto merupakan desa wisata yang dirintis sejak 2016. Kemudian pada 2017, mendapat Surat Keputusan atau SK. Desa Wisata Conto juga mendapat SK desa wisata dari Bupati Wonogiri pada 2019. Kegiatan dan pengelolaan dilakukan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat.

Baca Juga : 51 Orang Keracunan Makanan Hajatan, 1 Meninggal Dunia

Ketua Pokdarwis Desa Wisata Conto, Asef Indrianto, mengatakan pengunjung yang hadir akan disajikan keindahan alam pegunungan yang merupakan bagian dari kaki Gunung Lawu. Selain pemandangan alam, pengunjung juga bisa menikmati budaya masyarakat setempat.

“Konsep kami, pengunjung yang datang ke sini tidak hanya puas melihat keindahan alam dan budaya. Tapi ketika datang ke Conto, saat pulang bisa membawa ilmu. Itu yang kami sajikan,” paparnya kepada Solopos.com, beberapa waktu lalu.

Banyak sekali spot yang disajikan untuk mengedukasi pengunjung saat di Conto. Di antaranya, pengelolaan kopi tradisional. Mulai dari memetik hingga siap seduh. Sebab di Conto ada kebun kopi beserta alat pengolahan. Selain itu ada edukasi teknik bertanam sayuran dan memelihara hewan ternak.

Baca Juga : Putri Gus Dur Usut Kakek-Kakek Pemulung Dihajar Warga

Asef menuturkan ada sejumlah paket wisata yang ditawarkan Desa Wisata Conto. Rata-rata paket wisata itu diminati anak-anak. Mereka selama tiga hingga empat hari berkegiatan dan tinggal di Conto, tepatnya di rumah warga.

Sebelum pandemi Covid-19, lanjut Asef, banyak pengunjung yang menikmati paket live in tersebut. Harga paket live in bervariasi, mulai Rp400.000 hingga Rp1,2 juta tergantung jumlah kegiatan dan berapa lama tinggal.

Selain kabar tentang Desa Conto Wonogiri, kabar lain tentang Universitas Muhammadiyah Jawa Tengah di Karanganyar, DED dan masterplan revitalisasi WGM Wonogiri, jadwal Persis Solo putaran kedua, kisah Nailah mahasiswa UMS yang meninggal saat diksar Menwa 2021, pemain incaran Persis Solo, 10 berita terpopuler, barang bukti kasus Gilang mahasiswa UNS yang meninggal saat Diksar Menwa, Maman dihabisi 14 orang dan dikubur hidup-hidup diduga curi sayur, hingga pemain baru Persis Solo juga menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Baca Juga : Rentetan Teror Aceh, Prajurit TNI Tewas Ditembak Orang Misterius

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com selama 24 jam terakhir hingga Jumat (29/10/2021):

Keren! Desa Conto Wonogiri Raih Peringkat 2 Desa Wisata Terbaik Jateng

Universitas Muhammadiyah Jawa Tengah di Karanganyar akan Miliki 6 Prodi

DED dan Masterplan Proyek Revitalisasi Wisata WGM Wonogiri Rampung

Jadwal Persis Solo di Putaran Kedua, PSG Pati Jadi Lawan Pertama Lagi!

Kisah Pilu Nailah, Mahasiswi UMS yang Meninggal saat Diksar Menwa 2021

Pemain Incaran Persis Solo: Posisi Tengah dan Belakang!

10 Berita Terpopuler: Hiii… Ada Makam Misterius di Trotoar Solo Baru

Polisi Temukan Barang Bukti Elektronik dalam Kasus Gilang



Diduga Curi Sayur, Maman Dihabisi 14 Orang dan Dikubur Hidup-hidup

Soal Datangkan Pemain Baru, Bos Persis Solo: Sudah Ada Bujet!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya