SOLOPOS.COM - Ilustrasi perceraian. (Gambar: Freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR–Ulasan tentang kasus perceraian di Karanganyar menjadi berita terpopuler laman Solopos.com, Sabtu (23/3/2024) pagi.  Pada 2023 setidaknya ada 1.427 kasus perceraian yang terjadi di Bumi Intanpari.

Berita terpopuler mengungkap Data tersebut diambil dari Karanganyar Dalam Angka 2024 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Kasus perceraian itu tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Karanganyar. Angka ini mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan 2022 yang “hanya” 1.396 kasus.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Mirisnya ada beberapa kecamatan dengan perceraian lebih dari 100 kasus tiap tahunnya. Kecamatan dengan kasus perceraian terbanyak adalah Karanganyar dengan 138 kasus, disusul Mojogedang dengan 123 kasus, dan Gondangrejo dengan 118 kasus.

Kemudian Tasikmadu dengan 111 kasus, Jaten 108 kasus, Colomadu 105 kasus, dan Kebakkramat 101 kasus. Sedangkan kecamatan dengan kasus perceraian paling sedikit adalah Jenawi yaitu hanya 35 kasus.

Pada 2022 tiga kecamatan dengan kasus perceraian terbanyak juga terjadi di kecamatan yang sama yaitu Karanganyar dengan 138 kasus, Mojogedang dengan 120 kasus, dan Gondangrejo dengan 116 kasus.

Sepanjang 2024 ini, laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Agama (PA) sudah menerima 309 kasus perceraian (data per 21 Maret 2024).

Hakim Pengadilan Agama (PA) Kelas IB Karanganyar, M. Jimmy Kurniawan, pada 2023 lalu kepada Solopos.com mengatakan bahwa hampir 90% calon pengantin tak memahami tujuan menikah padahal itu adalah hal yang penting.

“Kondisi ini ada korelasinya dengan tingginya angka perceraian dan dispensasi nikah. Pasangan yang belum cukup usia menikah berisiko tak harmonis selama berumah tangga,” ucap Jimmy.

Selain ulasan tentang perceraian di Karanganyar, kabar lain tentang ibu melahirkan 3 bayi kembar di RSUD Sragen, gempa Tuban, pembayaran THR ASN, cara tukar uang baru, hingga banjir Demak tak kunjung surut juga masuk daftar berita terpopuler pagi ini.

Berikut 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Sabtu (23/3/2024) pagi:

Perceraian di Karanganyar 1.427 Kasus per 2023, Terbanyak di Kecamatan Ini

Seorang Ibu asal Karanganyar Lahirkan 3 Bayi Kembar di RSUD Sragen

Gempa Tuban Terasa hingga ke Semarang

THR ASN Sragen Dibayarkan Pekan Depan, Punya Sekda Lebih Besar daripada Bupati

Warganet Duga Penyebab Stevie Agnecya Meninggal karena Santet

DPRD Sukoharjo Minta Pemkab Perbaiki Birokrasi, Dongkrak PAD, dan Tambal Jalan

Calon Independen di Pilkada Karanganyar Wajib Kantongi 53.098 Dukungan

Catat! Ini Syarat dan Cara Tukar Uang Baru untuk Lebaran 2024

Akademisi dan Peneliti Sambut Baik Dibukanya Sasana Pustaka Keraton Solo

Tak Kunjung Surut, Presiden Jokowi Tinjau Banjir Demak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya