SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarang– Sebanyak 1.009 orang fasilitator disiapkan untuk mendampingi pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Jawa Tengah tahun 2010 tingkat pedesaan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Jawa Tengah Kusumardono, saat temu fasilitator PNPM Mandiri Jawa Tengah, di Semarang, Senin, mengatakan, ke-1.009 fasilitator tersebut tersebar di 6.460 desa di 29 kabupaten.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

“Setiap kecamatan di Jawa Tengah ditempatkan dua fasilitator,” katanya.

Alokasi anggaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri tingkat pedesaan di Jawa Tengah pada tahun 2010 ini mencapai Rp942 miliar.

Dari jumlah tersebut, kata dia, Rp754 miliar di antaranya berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara, sedangkan Rp188 miliar sisanya berasal dari anggaran kabupaten.

Alokasi PNPM Mandiri tingkat pedesaan tahun ini, lanjut dia, meningkat dibanding tahun sebelumnya yang mencapai Rp879 miliar.

Dana sebanyak itu, menurut dia, disalurkan ke 6.145 desa di 29 kabupaten.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo meminta para fasilitator program pemberdayaan masyarakat ini tetap semangat bekerja.

“Para fasilitator harus tetap semangat bekerja karena alokasi program pemberdayaan masyarakat ini terus meningkat setiap tahunnya,” katanya.

Keseluruhan alokasi anggaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri untuk Jawa Tengah pada tahun 2010, kata dia, mencapai Rp1,2 triliun.

ant/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya