News
Kamis, 19 April 2012 - 10:43 WIB

Wow, Ada TIKUS BERAMBUT MANUSIA

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tikus ilustrasi (crittercatchersinc.com)

Tikus ilustrasi (crittercatchersinc.com)

TOKYO—Kebotakan menjadi salah satu masalah pelik bagi banyak orang di dunia. Bahkan bintang sepak bola, Wayne Rooney pun diketahui pernah melakukan transplantasi rambut. Mega bintang, David Bechkam juga pernah dipergoki kamera mulai mengalami kebotakan.

Advertisement

Namun sejumlah ilmuwan Jepang membuka harapan baru bagi orang dengan masalah kebotakan. Mereka berhasil menumbuhkan kembali rambut halus pada tikus yang mengalami kebotakan. Ilmuwan menyuntikkan sel folikel dari tikus berbulu normal pada tikus botak.

Hasilnya, tiga minggu berikutnya tikus botak tersebut mulai “gondrong” karena 74% folikel berhasil diadopsi dengan baik. Tak hanya sampai di situ, ilmuwan juga berhasil menumbuhkan rambut manusia pada tikus tersebut.

Seperti dilansir Newser dari Wall Street Journal, Kamis (19/4), ilmuwan juga dapat menentukan warna rambut yang akan ditumbuhkan melalui rekayasa sel. Meski begitu, penemuan tersebut masih membutuhkan tes hingga 10 tahun ke depan sebelum benar-benar dapat digunakan pada manusia. Penemuan itu juga hanya akan digunakan untuk menumbuhkan rambut pada penderita penyakit tertentu, karena terbatasnya kemampuan menggali informasi jenis rambut.(ali)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif