News
Kamis, 2 Februari 2012 - 20:30 WIB

WISLAWA SZYMBORSKA, Penerima Nobel Sastra Tutup Usia

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wislawa Szymborska (google img)

Wislawa Szymborska (google img)

WARSAWA–Penerima Nobel dari Polandia Wislawa Szymborska tutup usia pada umur 88 tahun. Penyair yang dikenal dengan frasenya yang filosofis dan penuh humor ini meninggal setelah berjuang melawan penyakitnya.

Advertisement

Szymborska dikenal sebagai seorang perokok berat memenangkan hadiah nobel untuk bidang sastra pada tahun 1996. “Dia meninggal dalam damai dalam tidurnya di rumahnya di Krakow,” ujar asisten Szymborska, Mikhal Rusinek, seperti diberitakan AFP, Kamis (2/2/2012).

Dalam sebuah pesan di jejaring sosial twitter, Menteri Luar Negeri Polandia, Radoslaw Sikorski mengatakan belasungkawanya. “Kerugian yang besar untuk budaya Polandia.” tulis Sikorski dalam akun twitternya.

Dalam pidatonya saat menerima nobel pada tahun 1996, dengan kerendahan hati yang khas, Szymborska mengecilkan perannya sebagai seorang penyair. “Inspirasi bukanlah hak eksklusif bagi penyair atau seniman pada umumnya,” katanya.

Advertisement

Lahir pada 2 Juli 1923, Szymborska mempelajari literatur dan sosiologi di Universitas Jagiellonian Krakow. Selama sisa hidupnya, ia tinggal kota bersejarah tempat kelahiran Paus Yohanes Paulus II yang juga seorang seorang penyair, yang pernah menjabat sebagai kardinal sebelum dipanggil ke Roma.

Szymborska, terinspirasi oleh pemikir Prancis masa lalu seperti Descartes, Pascal dan Montaigne. Dia menulis lebih dari selusin koleksi puisi, di mana tema-tema puisinya adalah analisis filosofis tentang isu moral kontemporer. “Saya suka puisi Wislawa karena rasa humornya,” tulis kritikus sastra Tadeusz Nyczek.

“Ada intelektualitas dan seni yang mendalam. Ini karya seseorang yang memiliki pandangan pahit dunia dan pada saat yang sama juga menyenangkan,” tambahnya.

Advertisement

Puisi awal dia terinspirasi oleh gaya sosialis pasca perang rezim komunis, tapi ia segera tidak menggunakannya. Pada tahun 1950, dia melakukan kontak dengan penerbit asing.

Berikut salah satu puisi Szymborska yang berjudul ‘Any Case’.

So you are here? Straight from that moment still suspended?
The net’s mesh was tight, but you? through the mesh?
I can’t stop wondering at it, can’t be silent enough.
Listen,
How quickly your heart is beating in me.

RIP Szymborska

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif