News
Senin, 11 Maret 2024 - 07:56 WIB

Waspada Banjir! BMKG Peringatkan Sejumlah Daerah Berpotensi Hujan Lebat

Newswire  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan lebat. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA–Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah daerah di Indonesia, termasuk beberapa kota besar, berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada hari ini, Senin (11/3/2024).

Menurut peringatan cuaca BMKG yang dikutip Senin, sejumlah titik di provinsi yang diprakirakan mengalami hujan lebat adalah Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Advertisement

Hujan lebat, menurut prediksi BMKG, juga berpotensi turun di wilayah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, seperti dilaporkan Antara, hujan dengan intensitas yang lebih ringan berpotensi terjadi di Sumatra Selatan, Jawa Tengah, Bali, dan Kalimantan Selatan.

Advertisement

Sementara itu, seperti dilaporkan Antara, hujan dengan intensitas yang lebih ringan berpotensi terjadi di Sumatra Selatan, Jawa Tengah, Bali, dan Kalimantan Selatan.

Hujan lebat dapat turun di sejumlah kota besar di Indonesia termasuk Semarang, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, dan Mamuju. Dengan hujan sedang diprakirakan terjadi di Yogyakarta, Palangka Raya, dan Kupang.

Untuk wilayah DKI Jakarta, hujan sedang berpotensi turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur serta Kepulauan Seribu. Sementara hujan ringan terjadi di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara.

Advertisement

Kategori waspada juga diberikan pada Senin kepada Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sebelumnya, BMKG memprakirakan terjadinya potensi cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah selama periode 9 hingga 11 Maret 2024.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Yoga Sambodo di Semarang Sabtu (9/3/2024), mengatakan aktivitas angin Munson Asia berpengaruh terhadap massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

Advertisement

“Kondisi tersebut termasuk wilayah Jawa Tengah,” katanya dikutip dari Antara. Selain itu, katanya, daerah konvergensi dan belokan angin juga terpantau di sekitar Jawa Tengah.

Kondisi tersebut, menurut dia, meningkatkan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang.

Sejumlah wilayah di Jawa Tengah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem antara lain Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Magelang, Boyolali, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, dan Demak.

Advertisement

Selain itu juga Kabupaten Semarang, Temanggung, Kendal, Batang, Tegal, Pekalongan, Brebes, serta Kota Magelang, dan Salatiga.

Yoga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana yang timbul akibat cuaca ekstrem. “Masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang diimbau lebih waspada,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif