News
Rabu, 5 Januari 2022 - 07:35 WIB

Warga Kemalang Tuntut Keadilan Infrastruktur

Ichwan Prasetyo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten, menambal jalan secara swadaya pada ruas jalur evakuasi Kaliwuluh-Deles di wilayah Dukuh Karanggeneng, Rabu (15/12/2021). (Istimewa/Sukiman)

Solopos.com, SOLO – Aspek keadilan dipertanyakan warga Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Kecamatan ini menduduki peringkat pertama dalam ketaatan membayar pajak bumi dan bangunan (PBB), namun warga Kemalang merasa dianaktirikan karena kondisi jalan-jalan di wilayah ini yang tidak memadai, banyak yang rusak.

Jalan-jalan di Kecamatan Kemalang merupakan jalur evakuasi ketika Gunung Merapi meletus atau erupsi. Warga Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, memasang spanduk berisi kalimat protes kepada pemerintah.

Advertisement

Spanduk itu tak akan dilepas sebelum ruas jalan-jalan utama yang merupakan jalur evakuasi warga ketika Gunung Merapi erupsi atau meletus diperbaiki. Spanduk bernada protes itu dipasang warga sebulan terakhir. Selengkapnya di: Paling Taat Pajak, Warga Kemalang Klaten Justru Merasa Dianaktirikan.

Maskapai Super Air Jet yang mulai melayani penerbangan komersial pada Agustus 2021 membuka penerbangan di rute Jakarta-Solo-Jakarta mulai 5 Januari 2022. Maskapai ini memfokuskan bisnis penerbangan di pasar kaum muda atau generasi milenial.

Advertisement

Maskapai Super Air Jet yang mulai melayani penerbangan komersial pada Agustus 2021 membuka penerbangan di rute Jakarta-Solo-Jakarta mulai 5 Januari 2022. Maskapai ini memfokuskan bisnis penerbangan di pasar kaum muda atau generasi milenial.

Tarif rendah yang dikolaborasikan dengan semangat “youthful” yang mewujud dalam berbagai strategi pemasaran dan pelayanan yang “muda banget” ditargetkan mampu membangun pasar penumpang penerbangan di kalangan kaum muda. Berita selengkapnya di: Super Air Jet Bertarif Rendah Bersemangat Youthful.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi pada Kementerian (PVMG Kementerian ESDM) memberi peringatan kepada seluruh provinsi yang memiliki peta tanah bergerak untuk mengintensifkan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana. Peringatan tersebut secara terperinci mendefinisikan urgensi mitigasi dan kewaspadaan pada tanah bergerak, tanah longsor, dan banjir bandang.

Advertisement

Pemuliaan warga senior atau warga lanjut usia terkendala aspek kelembagaan sekaligus regulasi. Setelah pembubaran Komisi Nasional Lanjut Usia pada 2020 belum ada lembaga pengganti yang lebih berdaya yang bersifat independen untuk merumuskan, menjalankan, mengontrol, dan mengevaluasi program-program perlindungan dan pemberdayaan warga senior.

Undang-undang tentang Kesejahteraan Lanjut Usia kini tak memadai lagi sebagai payung hukum perlindungan dan pemberdayaan warga senior. Banyak hak warga senior yang terabaikan. Potensi mereka yang sangat besar dalam konteks demografi dan pembangunan tak terwadahi dengan baik. Mereka jamak dilabeli jadi beban negara dan generasi yang lebih muda. Pembahasan selengkapnya tersedia di: Banyak Hak Warga Senior Terabaikan, Undang-Undang Perlu Segera Direvisi.

Berita-berita di kanal Espos Plus disajikan dengan kredo jurnalisme berkedalaman. Sudut pandang tajam, pembahasan komprehensif, dan data yang cukup memberikan bekal untuk memahami duduk perkara suatu fenomena atau kejadian. Konten kelas premium ini juga menyajikan perspektif yang memperkaya wawasan. Silakan mengakses dan menikmati di kanal Espos Plus.

Advertisement

 

 

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif