News
Selasa, 18 Juni 2013 - 13:04 WIB

KISAH UNIK : Walah, Seekor Kucing Dicalonkan Sebagai Walikota

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

NEW MEXICO – Muak dengan politisi yang mereka sebut “tikus,” sekelompok orang  di sebuah kota di Meksiko bagian timur, Xalapa sudah mengajukan calon yang ideal mereka untuk walikota: kucing bernama Morris.

Advertisement

Seorang warga Xalapa, Sergio Chamorro, yang mengadopsi kucing itu pada bulan Agustus, mengatakan rencana itu dimulai sebagai lelucon antara teman-temannya yang merasa frustrasi dengan pemerintah negara bagian Veracruz terkait tidak adanya kebebasan berbicara.

“Muak pemungutan suara untuk “tikus”? Pilih kucing,” bunyi sebuah poster kampanye yang menampilkan seekor kucing hitam dan putih, dengan menggunakan Spanyol “ratas” untuk tikus dan “gato” untuk Morris.

Chamorro membuat sebuah halaman Facebook iklan pencalonan Morris pada  Mei. Halaman itu dirilis pada awal Juni dan kini memiliki lebih dari 125.000 likes.

Advertisement

Seperti  berita yang cepat menyebar, warga yang kecewa di Meksiko mencalonkan seekor keledai dan bahkan ayam untuk jabatan politik dalam pemilihan 7 Juli.

Ada tujuh kandidat resmi untuk walikota Xalapa, termasuk perwakilan dari tiga partai besar Meksiko. Meskipun pendukungnya banyak, Morris bukanlah calon resmi yang terdaftar dan Chamorro meminta pemilih untuk menulis “Morris” atau menggambar kucing pada surat suara mereka.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif