News
Jumat, 14 April 2017 - 23:30 WIB

Wakil Tetap Indonesia di PBB Jadi Anggota Panel UN Habitat

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Persatuan Bangsa-Bangsa atau PBB. (Dok. Solopos)

Wakil Tetap Indonesia di PBB mendapatkan kehormatan ditunjuk sebagai anggota Panel UN Habitat.

Solopos.com, JAKARTA — Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menunjuk Wakil Tetap Indonesia untuk PBB, Dian Triansyah Djani, sebagai anggota panel independen tingkat tinggi untuk mengkaji kerja UN Habitat.

Advertisement

Dian Triansyah Djani mengatakan panel tingkat tinggi yang ditunjuk Sekjen PBB beranggotakan delapan orang yang mewakili seluruh pemangku kepentingan. Selain Djani, Sekjen PBB juga menunjuk Wali Kota Paris Anne Hidalgo; Menteri Kesehatan dan Sosial Lesotho, Ponso Sekatle; Menteri Pertanian dan Pembangunan Perkotaan Meksiko, Rosario Robles; arsitek urban Peter Calthorpe; dan Wakil Tetap Slovakia untuk PBB.

“Panel akan menghasilkan laporan berisi rekomendasi peningkatan efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas kerja UN Habitat,” katanya melalui keterangan resmi Kementerian Luar Negeri, Jumat (14/4/2017).

Kajian terhadap kerja UN Habitat merupakan mandat dari Dokumen New Urban Agenda. Dokumen ini dihasilkan dalam pertemuan ketiga UN Conference on Housing Anda Sustainable Urban Development di Quito, Ekuador pada Oktober 2016.

Advertisement

Djani menuturkan laporan yang dihasilkan panel nantinya akan memberi masukan kepada pelaksanaan Pertemuan Tingkat Tinggi Majelis Umum PBB, terkait implementasi New Urban Agenda. UN Habitat Panel akan bekerja hingga Juni 2017 mendatang.

UN Habitat sendiri merupakan badan khusus PBB yang menangani isu pemukiman dan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan. Saat ini, lembaga tersebut dipimpin oleh mantan Wali Kita Barcelona serta Menteri Industri Pariwisata dan Perdagangan Spanyol, Joan Carlos.

Terpilihnya Djani merupakan bentuk pengakuan dan kepercayaan Sekjen PBB dan dunia atas kepemimpinan Indonesia dalam pembahasan isu pembangunan perkotaan yang berkelanjutan. Isu tersebut memegang peranan penting seiring berkembangnya penduduk di perkotaan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif