News
Selasa, 5 Oktober 2021 - 15:30 WIB

Waduh! 5 Atlet DKI Terpapar Covid-19 di PON Papua, Dari Varian Baru?

Newswire  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Maskot PON PAPUA (liputan6.com)

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak lima atlet kontingen DKI Jakarta yang tampil di ajang PON XX Papua terpapar Covid-19. Ada dugaan mereka terpapar Covid-19 dari varian baru.

Kabid Kesehatan Kontigen DKI, dr. Junaidi, mengatakan ada atlet dari daerah lain yang juga terpapar Covid-19. Meski demikian, ia belum mengetahui dari mana para atlet DKI bisa terpapar virus corona.

Advertisement

“Ada beberapa atlet lain dari daerah lain yang juga terpapar [Covid-19]. Tapi, Dinas Kesehatan Papua masih bingung dari mana mereka terpaparnya,” ujar Junaidi dikutip dari detik.com, Selasa (5/10/2021).

Baca juga: Jokowi Ajak Waspada Varian Baru Covid-19 Setelah Delta

Junaidi pun memastikan atlet DKI yang tampil di PON XX Papua itu terpapar Covid-19 bukan dari Jakarta. Hal itu dikarenakan para atlet DKI yang terpapar Covid-19 sudah cukup lama berada di Papua.

Advertisement

“Mereka juga sudah lama di sini, tidak mungkin dari Jakarta. Cuma di sini mereka kemana? Itu yang masalahnya masih mencari,” lanjutnya.

Junaidi curiga ada virus corona varian baru di Papua. Hal itu lantaran ditemukan atlet dari provinsi lain yang CT value-nya sangat rendah.

“Jadi kita di Papua curiga, termasuk Dinas Kesehatan Papua juga, ada varian baru yang ada di sini, karena melihat dari CT yang terendah. CT value-nya kecil sekali ada yang 5 koma sekian, tapi itu atlet daerah lain. Atlet DKI masih ada 20-an lah  [CT value]. Ada beberapa atlet CT value belasan, bahkan 5. Kita curiga ada varian baru takutnya,” ujarnya.

Advertisement

Baca jugaAtlet Wushu dan Muaythai Asal Grobogan Raih Emas di PON Papua

Junaidi menyampaikan, tiga atlet DKI yang terpapar Covid-19 berada di Timika. Sementara dua atlet lainnya berada di Jayapura.

Kelima atlet yang terkonfirmasi Covid-19 itu berasal dari cabang olahraga yang berbeda pada PON XX Papua. Mereka kini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah sakit setempat.

“Di Timika ada tiga orang, di Jayapura ada dua. Ada atlet sepatu roda dan softball yang di Jayapura. Yang di Timika itu atlet basket dan judo,” ucapnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif