News
Minggu, 19 Maret 2023 - 13:09 WIB

Viral soal Layanan Pasien BPJS vs Umum, 3 Nakes Puskesmas Sulteng Minta Maaf

Rudi Hartono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Video nakes layani pasien umum vs BPJS viral di Twitter pada Sabtu (18/3/2023). (Tangkapan layar Twitter @rampoeng)

Solopos.com, SOLO–Media sosial Twitter riuh membicarakan kelakuan tiga tenaga kesehatan (nakes) puskesmas di Sulawesi Tengah yang viral karena membuat video TikTok menggambarkan perbedaan pelayanan pasien.

Setelah video mereka viral dan mendapat respons negatif, ketiga nakes terdiri atas satu lelaki dan dua perempuan yang bertugas di Puskesmas Lambunu 2, Parigi Moutong, Sulteng itu meminta maaf.

Advertisement

Video permintaan maaf mereka diunggah akun Twitter yang turut dalam pembicaraan tentang kelakuan para nakes tersebut.

Video permintaan maaf itu dibuat akun TikTok @rintobelike2 yang diduga milik nakes lelaki dalam video yang viral.

Advertisement

Video permintaan maaf itu dibuat akun TikTok @rintobelike2 yang diduga milik nakes lelaki dalam video yang viral.

Salah satu akun yang mengunggah video TikTok permintaan maaf mereka adalah akun Twitter @tennie9594. Unggahan itu disertai keterangan. “Mana cuma minta maaf doang ga di pecat ni nakes problematik,” tulis akun itu.

Pantauan Solopos.com, Minggu (19/3/2023), dalam video itu tampak tiga nakes yang sebelumnya viral bersama satu lelaki paruh baya.

Advertisement

“Kami staf Puskesmas Lambunu 2 memohon maaf sebesar-besarnya kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, BPJS Kesehatan seluruh Indonesia,” kata ketiga nakes tersebut dalam video.

Mereka juga meminta maaf kepada Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), rekan nakes di seluruh Indonesia, dinas kesehatan setempat, dan masyarakat Indonesia.

Mereka mengatakan Puskesmas Lambunu 2 tidak membedakan antara pasien umum dan pasien BPJS Kesehatan saat melayani.

Advertisement

“Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatian kami ucapkan terima kasih,” ulas mereka.

Video permintaan maaf itu diserbu komentar negatif. Mereka menilai para nakes itu tak pantas lagi dipekerjakan lagi karena perilaku buruk mereka sudah menjadi karakter.

“Emang udah ga bisa dimaafin ini manusia attitudenya udah anjlok banget,” tulis akun @tennie9594.

Advertisement

“Nakes2 yg seperti ini, gak perlu lah diberi kesempatan kedua. Langsung pecat saja biar gak ada lagi org yg buat konten goblok sperti ini. Seharusnya nakes itu pinter. Ini boro2 pinter, otaknya aja gak ada!” tulis akun @Nurima108.

Sebelumnya, video TikTok tiga nakes puskesmas yang menggambarkan perbedaan layanan kesehatan kepada pasien umum dengan pasien peserta BPJS Kesehatan dengan layanan terhadap pasien nonpeserta JKN viral di media sosial.

Warganet merespons negatif video itu.

Ada dua video TikTok yang viral. Kedua video bersumber dari akun TikTok @rintobelike2. Video pertama memperlihatkan tiga orang yang terdiri atas satu lelaki dan dua perempuan berjilbab berjoget dengan latar musik disko.

Video itu terdapat keterangan Ketika ada pasien umum. Salah satu perempuan mengenakan seragam khas seragam nakes.

Video itu dinilai menggambarkan nakes yang gembira saat melayani pasien umum.

Pada video kedua memperlihatkan tiga orang pada video pertama dalam posisi santai. Si lelaki tiduran di meja, sedangkan dua perempuan duduk di kursi sembari bermain telepon seluler (ponsel).

Video itu diberi keterangan Ketika pasien BPJS masuk dengan diberi emoticon ekspresi mengantuk.

Video tersebut dinilai menggambarkan tenaga kesehatan bermalas-malasan ketika ada pasisen peserta JKN yang datang.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif