News
Rabu, 8 Maret 2023 - 17:20 WIB

Viral! Bunga Edelweis Rawa di Bandung Rusak Akibat Kegiatan Motor Trail

Rudi Hartono  /  Hesti Puji Lestari  /  Rudi Hartono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar unggahan tentang kerusakan tanaman bunga edelweis di Twitter. (Tangkapan layar Twitter).

Solopos.com, SOLO–Media sosial Twitter sedang ramai pembahasan mengenai kerusakan lingkungan di Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Hamparan tanaman bunga edelweis rawa di kawasan Ranca Upas rusak diduga akibat kegiatan adventure motor trail yang digelar pada Minggu (5/3/2023) lalu.

Advertisement

Warga internet (warganet) mengungkapkan kekesalan dan kegeraman mereka di media sosial. Mereka merasa kasihan kepada pemerhati dan pelestari lingkungan yang selama ini menjaga kelestarian edelweis di lokasi tersebut.

Dalam sekejap bunga edelweis yang tak bisa hidup di sembarang tempat itu rusak tak tersisa.

Advertisement

Dalam sekejap bunga edelweis yang tak bisa hidup di sembarang tempat itu rusak tak tersisa.

Pantauan Solopos.com di Twitter, Rabu (8/3/2023), terdapat sejumlah video yang viral. Ada video yang menunjukkan keindahan edelweis rawa di hamparan luas yang membuat kawasan tersebut asri.

Video dinarasikan lahan tersebut kerap digunakan untuk berkemah para pencinta alam.

Advertisement

Pada video lainnya tampak seorang lelaki dewasa meluapkan emosinya karena tanaman bunga edelweis yang telah dirawat selama ini semua rusak.

Lelaki itu menyalahkan Perum Perhutani karena mengizinkan event trail di Ranca Upas sehingga tanaman edelwis rawa rusak.

“Untuk panitia yang menyelenggarakan event motor trail di Ranca Upas dan khususnya untuk orang Perhutani yang memberikan izin terkait acara tersebut, lihat ini dampaknya. Hancur!” kata pria tersebut dalam video yang viral.

Advertisement

Dia menyebut butuh waktu yang lama untuk menumbuhkan tanaman edelweis rawa. Terlebih, apalagi itu adalah bunga yang sangat langka.

Menurutnya, edelweis rawa merupakan salah satu jenis buka hanya yang hanya tumbuh di wilayah-wilayah tertentu, termasuk Ranca Upas.

Pada video lain yang dihubungkan dengan peristiwa itu terlihat banyak pengendara motor trail yang berkegiatan di lokasi tanah lapang.

Advertisement

Lokasi yang dilalui motor trail becek dan berlumpur.

Banyak warganet mengutuk aksi peserta kegiatan adventure motor trail di Ranca Upas.

“Plis gue sedih banget liatnya, ranca upas one of my favorite healing place when stop by at Bandun mau nangis liatnyaaaa ya Allah, kok bisa sih event motor trail goblok itu dapet izin ditempat pelestarian edelwais + rusa2 NANGISSSSS BGT!!!!” tulis akun @melhc_archive yang dikutip Solopos.com.

Beberapa warganet bahkan menyinggung tentang mental orang kaya baru. Menurut beberapa warganet, inilah yang akan terjadi jika peningkatan taraf hidup tidak diimbangi dengan peningkatan cara berpikir dan rasa empati.

“Beli motor trail cuma mau jadi babi hutan main kubangan lumpur dan ngerusak bunga edelweis rawa di Ranca Upas kah?? @KementerianLHK #Bandung #RancaUpas #Edelweis,” tulis akun @MrBekalicky89.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Belum Selesai Kasus Pejabat Pamer Moge, Kini Viral Komunitas Trail Rusak Edelweis Rawa di Ranca Upas

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif