News
Jumat, 17 Juli 2020 - 08:20 WIB

Vaksin Covid-19 Eksperimental Rusia Tersedia Tahun Ini, 30 Juta Dosis untuk Domestik

Newswire  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uji coba vaksin Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA - Rusia berencana memproduksi 30 juta dosis vaksin Covid-19 eksperimental secara domestik tahun ini. Selain itu, ada kemungkinan penambahan 170 juta dosis untuk di luar negeri.

Hore! Moderna Sukses Uji Coba Vaksin Virus Corona kepada 45 Orang

Advertisement

Hal ini diungkap kepala Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF), Kirill Dmitriev. Katanya, uji klinis pertama vaksin pada manusia, yang dilakukan selama sebulan dan melibatkan 38 orang, berakhir pekan ini. Para peneliti menyimpulkan bahwa vaksin tersebut aman digunakan dan memberikan respons imun, meski kekuatan responsnya masih belum pasti.

Uji coba tahap ketiga yang lebih besar dan melibatkan ribuan orang diharapkan dapat berlangsung mulai Agustus, kata Dmitriev. "Kami yakin bahwa berdasarkan hasil saat ini (vaksin) itu akan disetujui di Rusia pada Agustus dan di sejumlah negara lainnya pada September, berpotensi menjadikannya vaksin pertama yang disetujui di dunia," kata Dmitriev dilansir Reuters, Rabu (16/7/2020).

Rusia Rampung Uji Vaksin Covid-19 ke Manusia, Apa Hasilnya?

Advertisement

Lebih dari 100 calon vaksin sedang dikembangkan dan diuji coba dalam upaya menghentikan wabah Covid-19. Sedikitnya dua vaksin sedang dalam uji coba tahap ketiga pada manusia, yakni vaksin yang dikembangkan di China dan di Inggris, menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Uji coba vaksin tahap ketiga itu akan dilakukan di Rusia dan dua negara Timur Tengah dan akan dimulai setelah uji coba tahap kedua dengan skala lebih kecil, yang melibatkan 100 orang, dan rampung pada 3 Agustus, kata Dmitriev.

Kabar Baik! Vaksin Covid-19 Bikinan Sinovac untuk Indonesia Ditargetkan Produksi Januari-April 2021

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif