News
Rabu, 5 April 2023 - 16:12 WIB

UTP Solo Jalin Kerja Sama dengan Politeknik Sultan Idris Shah Malaysia

Dhima Wahyu Sejati  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Universitas Tunas pembangunan Surakarta (UTP) melakukan penandatanganan MoU dengan Politeknik Sultan Idris Shah Malaysia secara daring, Rabu (5/4/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo menandatangani MoU dengan Politeknik Sultan Idris Shah Malaysia secara daring, Rabu (5/4/2023). Penandatanganan MoU ini sekaligus meresmikan kerjasama antar kedua lembaga yang sebelumnya telah dilakukan kemitraan selama satu tahun terakhir.

Kepala Kantor Urusan Internasional UTP, Mohammad Ali Yafi, mengatakan sebelumnya UTP dan Politeknik Sultan Idris Shah Malaysia sudah menjalin kerja sama bidang pertukaran mahasiswa pada Program Studi Teknik Sipil dan program pertukaran budaya.

Advertisement

“Kami telah menjalin kerja sama dalam beberapa kegiatan selama beberapa tahun terakhir, terutama pada bidang pertukaran mahasiswa pada Program Studi Teknik Sipil dan program pertukaran budaya. Hal ini kami pandang sebagai langkah efektif dan strategis utamanya untuk saling bertukar informasi, pengalaman, dan pembelajaran antar universitas atau secara lebih luas, antar negara,” kata Ali Yafi dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Rabu (5/4/2023).

Rektor UTP Solo, Winarti, membuka acara penandatanganan ini dengan memberikan sambutan. Dalam sambutannya dia menyampaikan bahwa kerja sama ini dilakukan sebagai upaya untuk menyiapkan SDM yang unggul yang dibekali berbagai pengalaman di bidang yang digeluti oleh masing-masing lulusannya.

“UTP Solo dengan kerja sama yang selama ini dilakukan berkomitmen dapat menggandeng berbagai pihak untuk menguatkan kapasitas lulusan UTP . Sehingga, para lulusan UTP mampu untuk bersaing secara global,” kata Winarti.

Advertisement

Selanjutnya, Winarti menyampaikan tujuan dari kerja sama ini adalah sebagai penguatan yang utamanya menyasar pada penyiapan lulusan agar mampu berdaya saing global. Kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan terutama berada pada bidang joint research, joint organization of seminars dan academic meetings, dan pertukaran materi akademik dan informasi lain.

“Kami menggandeng berbagai pihak di berbagai negara, salah satunya di Malaysia. Tentu tujuannya memperluas dan menguatkan kapasitas civitas academica. Penguatan kerja sama ini utamanya menyasar pada penyiapan lulusan yang berdaya saing global. Kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan terutama berada pada bidang joint research, joint organization of seminars dan academic meetings, dan pertukaran materi akademik dan informasi lain,” imbuh dia.

Acara ini di laksanakan secara daring. Dari kedua lembaga baik itu UTP maupun Politeknik Sultan Idris Shah Malaysia dalam penandatanganan MoU melibatkan pejabat utama seperti Rektor, Wakil Rektor, Dekan, dan para ketua program studi dan lembaga.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif