News
Selasa, 28 Februari 2023 - 11:13 WIB

Unik! Guru dan Siswa di Jayapura Wajib Pakai Tas Tradisional Noken Setiap Kamis

Newswire  /  Rudi Hartono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Noken Papua. (ANTARA/Marius Frisson Yewun).

Solopos.com, JAYAPURA–Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Jayapura, Papua mewajibkan penggunaan noken setiap Kamis oleh guru dan siswa sejak 2022.

Noken adalah tas anyaman tradisional masyarakat Papua yang terbuat dari serat kulit kayu. Biasanya serat kayu yang digunakan dari kayu manduam dan nawa atau anggrek hutan.

Advertisement

Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Jayapura Eqberth C Kopeuw kepada Antara di Jayapura, Selasa (28/2/2023), mengatakan kebijakan itu untuk membantu perekonomian mama-mama asli Papua yang selama ini kesulitan memasarkan hasil kerajinan mereka.

“Luar biasa antusias dari mama-mama Papua perajin noken. Bahkan, ada yang datang ke dinas membawakan noken dan kami bayar supaya ekonomi keluarga juga terbantu,” katanya.

Menurut Eqberth, selain meningkatkan perekonomian mama-mama Papua, penggunaan noken juga turut serta melestarikan budaya Papua.

Advertisement

“Siswa tidak hanya diajarkan memberdayakan perekonomian, namun juga melestarikan budaya,” ujarnya.

Selain membuat kebijakan penggunaan noken, Eqberth sejak dilantik pada 2022 juga rutin melakukan kunjungan kerja (kunker) ke sekolah-sekolah.

“Kunjungan ke sekolah-sekolah ini untuk memastikan proses belajar mengajar pada tahun ajaran baru berjalan dengan baik,” ulas dia.

Advertisement

Eqberth menambahkan kunjungan seperti ini akan rutin dilakukan setiap bulan untuk mengevaluasi kinerja dan mutu pendidikan di Kabupaten Jayapura.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif