News
Jumat, 13 Mei 2022 - 06:06 WIB

Unggah Foto Anies Pakai Koteka, Ruhut Sitompul Dilaporkan ke Polda

Haryono Wahyudiyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ruhut Sitompul (Bisnis/Muhammad Ridwan)

Solopos.com, JAKARTA – Politikus PDIP Ruhut Sitompul dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega MS Keliduan. Pelaporan ini buntut dari unggahan meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memakai baju adat suku Dani, Papua.

Unggahan Ruhut Sitompul pada akun twitternya @ruhutsitompul dinilai dapat menimbulkan kebencian antar suku, ras dan golongan. “Ha ha ha kata orang Betawi usahe ngeri X Sip deh,” cuitan Ruhut pada unggahannya, Rabu (11/5/2022).

Advertisement

Unggahan Ruhut tersebut memiliki lebih dari 2.400 komentar, 691 retweet, dan 408 orang menyukai.

Baca Juga: Ruhut Buka-Bukaan Soal Kudeta Partai Demokrat, Sebut Banyak Penjilat di Sekitar AHY

Advertisement

Baca Juga: Ruhut Buka-Bukaan Soal Kudeta Partai Demokrat, Sebut Banyak Penjilat di Sekitar AHY

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Endra Zulpan membenarkan laporan tersebut. “Iya ada-ada laporannya di kami,” kata Zulpan saat dihubungi, Kamis (12/5/2022), seperti dikutip dari Bisnis.

Laporan ini sedang ditangani oleh Direktorat Riserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya. Zulpan menyampaikan penyidik saat ini masih mempelajari laporan tersebut.  “Setiap laporan pasti kami pelajari telebih dahulu,” ujar dia.

Advertisement

Baca Juga: Ratusan Spanduk Anies & Erick Thohir Capres 2024 Mejeng di Jalur Mudik

Sebelumnya, warganet yang juga dokter kardiologi dari Universitas Indonesia (UI) Berlian Idris merespons sikap Ruhut yang mengunggah foto diduga editan tersebut.

“Ini betul-betul rasisme yang tidak lucu. Selain menghina Pak @aniesbaswedan, pak Ruhut juga menghina saudara kita orang Papua,” tulisnya, dikutip dari akun Twitter @berlianidris, Rabu (11/5/2022).

Advertisement

Idris menilai Ruhut Sitompul terkesan menganggap pakaian adat Papua sebagai lelucon dan patut ditertawakan. “Dia [Ruhut] seolah menganggap menggunakan pakaian adat Papua sebagai lelucon untuk ditertawakan,” ujarnya.

Baca Juga: Ruhut Sitompul Rasis, Unggah Foto Editan Anies Baswedan Pakai Koteka

Pria yang juga akrab disapa Bili itu menegaskan perilaku Ruhut Sitompul tidak dapat dibiarkan, sebab apabila dibiarkan, Indonesia akan hancur karena melanggengkan rasisme. “Hancur Indonesia kalau perilaku seperti ini dibiarkan,” katanya.

Advertisement

Hal serupa disampaikan oleh mantan Menpora Roy Suryo. Menurutnya, foto hasil editan tersebut hoaks yang dinilai kampungan.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif