News
Rabu, 25 April 2012 - 12:37 WIB

UJIAN NASIONAL: Tahun Ini, UNPP Hanya Sekali

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Trianto Hery Suryono/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Trianto Hery Suryono/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Pelaksanaan Ujian Nasional Program Paket (UNPP) tahun ini kemungkinan hanya sekali.

Advertisement

Hal ini berdasarkan informasi yang diperoleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo belum lama ini.

“Hingga kini (Rabu-red) memang belum ada informasi resmi, hitam di atas putih ataupun surat edaran. Tapi dari informasi yang kami peroleh, ada sinyal tahun ini UNPP hanya akan digelar sekali. Rencananya UNPP digelar Juni,” jelas Kasi Kesetaraan dan Keaksaraan, Bidang Pendidikan Nonformal, Disdikpora Solo, Indrijanto Agoes Noegroho, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (25/4/2012).

Tahun ini, kata Agoes, Daftar Nominasi Sementara (DNS) peserta UNPP Kota Solo jalur reguler sudah dikirimkan ke provinsi. Yaitu 28 peserta program Kejar Paket A, 126 peserta program Kejar Paket B dan 164 peserta program Kejar Paket C.  “Untuk peserta nonreguler, masih menunggu pengumuman kelulusan siswa tahun ini,” ujarnya.

Advertisement

Kebijakan pelaksanaan UNPP hanya sekali, lanjutnya, kemungkinan dilatarbelakangi semakin sedikitnya jumlah siswa yang tidak lulus sekolah. Pasalnya sejak tahun lalu, pemerintah mengambil kebijakan untuk memasukkan nilai sekolah sebagai salah satu komponen kelulusan siswa. Sehingga jumlah siswa yang tidak lulus hanya sedikit.

Sementara sebelumnya, kata Agoes, UNPP dilakukan dua periode karena banyaknya siswa yang tidak lulus sekolah. Bahkan jumlahnya mencapai ribuan. Hal itu karena sebelumnya komponen kelulusan siswa hanya ditentukan nilai Ujian Nasional (UN).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif