News
Kamis, 9 April 2015 - 11:30 WIB

UJIAN NASIONAL 2015 : Aktivis Solo Tuntut UN CBT Dibatalkan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aktivis asal Kota Solo, Bambang Saptono, Kamis (9/4/2015), memprotes rencana pelaksanaan ujian nasional (UN) berbasis komputer dengan memasang spanduk di depan Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo. (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)

Ujian nasional 2015 untuk SMA/SMK/MA dijadwalkan pekan depan. Aktivis Solo Bambang Saptono mendesak pemerintah membatalkan pelaksanaan UN CBT.

Solopos.com, SOLO – Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2015 jenjang SMA/MA dan SMK yang dijadwalkan pekan depan, Senin-Kamis (13-16/4/2015), aksi protes dilayangkan terkait penyelenggaraan ujian berbasis komputer atau computer based test (UN CBT).

Advertisement

Aksi tunggal menyoroti berbagai kendala terkait UN CBT tersebut dilakukan oleh aktivis asal Kota Solo, Bambang Saptono, Kamis (9/4), di depan Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) setempat.

Aksi tersebut dimulai dengan memasang spanduk penolakan UN CBT di depan kantor Disdikpora.

Selanjutnya Bambang melakukan orasi menolak penyelenggaraan UN CBT dan menuntut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membatalkan UN CBT.

Advertisement

Dia menilai pemerintah belum siap untuk pelaksanaan ujian itu. Hal itu menurutnya terlihat saat digelar simulasi UN CBT di sekolah-sekolah yang telah ditunjuk, pekan lalu.

“Saya menilai pemerintah belum siap, bahkan saat diadakan simulasi kemarin gagal,” kata Bambang.

Bambang menambahkan ketidaksiapan pemerintah dalam penyelenggaraan UN CBT tersebut, menurutnya, bakal memengaruhi pelaksanaan ujian. Dia memastikan hal itu juga akan mempengaruhi peserta ujian secara psikologis.

Advertisement

“Dampaknya pasti langsung mengenai siswa sebagai peserta ujian, dan ini bisa berdampak buruk berupa kegagalan dalam ujian itu sendiri. Oleh karena itu saya menuntut Kemendikbud agar membatalkan UN CBT tahun ini, dan menundanya tahun depan,” kata dia.

Dalam aksi itu, Bambang juga menghancurkan tiga monitor komputer yang telah disiapkan sebelumnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif