News
Senin, 16 Oktober 2023 - 14:35 WIB

UIN Walisongo & MAN-PK Seluruh Indonesia Siapkan Beasiswa untuk Siswa Terbaik

Brand Content  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo menjalin kerja sama dengan seluruh Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan(MAN-PK) di Indonesia. Penandatanganan kerja sama dilaksakan di Gedung KH Zubair Al Jaelani Planetarium UIN Walisongo, Semarang pada Kamis(12/10/2023).(Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Universitas Islam Negeri(UIN) Walisongo menjalin kerja sama dengan seluruh Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan(MAN-PK) di Indonesia. Penandatanganan kerjasama dilaksakan di Gedung KH Zubair Al Jaelani Planetarium UIN Walisongo, Semarang pada Kamis(12/10/2023).

Kegiatan dibuka langsung oleh Rektor UIN Walisongo Prof.Dr.Imam Taufiq,M.Ag. serta Wakil Rektor Bidang Alumni, Kemahasiswaan dan Kerja sama Dr. Achmad Arief Budiman,M.Ag. dan kepala sekolah perwakilan dari masing MAN-PK.

Advertisement

Kerja sama antara UIN Walisongo dan MAN-PK dalam bidang penyelenggaraan Tridharma perguruan tinggi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. UIN Walisongo menyiapkan sejumlah beasiswa untuk siswa-siswi terbaik MAN-PK.

Beasiswa yang diberikan berupa nol UKT selama 8 semester dan siswa diberikan kesempatan untuk memilih program studi yang akan dipilih di UIN Walisongo. UIN Walisongo menyiapkan beasiswa untuk siswa siswi terbaik MAN-PK melalui Penerimaan Mahasiswa Jalur Kerja sama.

Advertisement

Beasiswa yang diberikan berupa nol UKT selama 8 semester dan siswa diberikan kesempatan untuk memilih program studi yang akan dipilih di UIN Walisongo. UIN Walisongo menyiapkan beasiswa untuk siswa siswi terbaik MAN-PK melalui Penerimaan Mahasiswa Jalur Kerja sama.

Seleksi akan dilakukan langsung oleh UIN Walisongo untuk melakukan konfirmasi kemampuan dengan hadir langsung ke masing masing MAN-PK.

Prof Imam Taufiq menyampaikan UIN Walisongo membutuhkan calon mahasiswa yang unggul tidak hanya dalam keilmuan umum tetapi juga santri yang bisa membaca kitab dan hafal Al Quran. Mahasiswa yang bisa berkompetisi di internasional dan berprestasi diberbagai bidang. Melalui distingsi tersebut, UIN Walisongo membutuhkan siswa siswi yang berkualitas untuk capaian rekognisi.

Advertisement

Prof Imam Taufiq yang juga merupakan alumnus MAN-PK Jember menyampaikan kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dari mandatori Kementrian Agama untuk Universitas Islam Negeri memberikan beasiswa kepada MAN –PK dan MAN Insan Cendekia yang sama-sama di bawah naungan Kemenag.

“Jika sebelumnya beasiswa diberikan untuk program studi tertentu, di tahun ini Siswa siswi terbaik MAN-PK dibebaskan untuk memilih program studi yang diinginkan,” ujarnya.

Ketua Forum MAN-PK se-Indonesia, Drs. Anwaruddin,M.Si. yang juga merupakan Kepala MAN 1 Jember menyampaikan kabar bahagia ini diharapkan menjadikan siswa siswi MAN-PK termotivasi untuk melanjutkan kuliah di UIN Walisongo.

Advertisement

“Bagi kami ruhnya madrasah itu MAN-PK melahirkan lulusan menjadi ulama yang intelektual. Disayangkan apabila siswa terbaik MAN-PK tidak melanjutkan di PTKIN. Lulusan kami saat ini yang sudah menjadi guru besar sebanyak 56 orang. Kami menyambut baik sinergi dan kolaborasi dengan UIN Walisongo. Agar lulusan terbaik bisa melanjutkan di UIN Walisongo,” ujarnya.

Sebanyak 10 MAN PK yang menandatangani nota kesepahaman yaitu MAN 4 Jombang, MAN 1 Jember, MAN 1 Yogyakarta, MAN 1 Surakarta, MAN 1 Ciamis, MAN 2 Kota Padang Panjang, MAN 2 Mataram, MAN 2 Samarinda, MAN 3 Makasar, MAN 4 Banjar.

Acara ditutup dengan mengajak seluruh kepala sekolah Man-PK menikmati show Planetarium UIN Walisongo yang merupakan planetarium di bawah naungan perguruan tinggi terbesar ketiga terbaik.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif