News
Senin, 3 November 2014 - 19:20 WIB

UGM Lepas 255 Mahasiswa KKN ke Sejumlah Pelosok Desa

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gedung Pusat UGM Yogyakarta (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA – Universitas Gadjah Mada (UGM) menerjunkan 255 mahasiswa untuk mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) ke sejumlah pelosok desa. Pelepasan mahasiswa dilakukan di Balairung, Senin (3/11/2014).

Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Suratman dalam sambutan acara pelepasan mahasiswa mengungkapkan, pelaksanaan program KKN UGM kini lebih pada pelaksanaan KKN Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Advertisement

Menurut dia, UGM saat ini memiliki perspektif baru dengan menempatkan mahasiswa sebagai insan yang bertanggungjawab dan memiliki kepercayaan dalam mengelola program pemberdayaan.

Dengan menerjunkan lebih kurang 7000 mahasiswa di tahun 2014, UGM berharap usai menjalankan tugas di masyarakat, mahasiswa lebih siap menjadi pemimpin Indonesia di masa depan.

“Munculnya KKN-PPM merupakan jawaban atas kebutuhan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini telah memberi warna baru bagi kehidupan kampus dan menciptakan atmosfir akademik di UGM”, paparnya.

Advertisement

Menurut Suratman, kegiatan KKN PPM menjadi bentuk nyata kontribusi UGM bagi masyarakat, UMKM dan kelompok masyarakat yang ingin mandiri secara politik, ekonomi maupun sosial.

Bahkan Program KKN-PPM telah terbukti mampu menarik perhatian kalangan akademik internasional sebagai kontribusi dunia pendidikan nasional dalam upaya pemberdayaan masyarakat.

“Perhatian para akademisi internasional dibuktikan dengan partisipasi dari berbagai perguruan tinggi luar negeri yaitu ACICIS, University Tun Hussein Onn Malaysia, Jerman, Shizouka University dan Ibaraki University. Ini tentunya menjadi kebanggaan bagi universitas Gadjah Mada”, tuturnya.

Advertisement

Dia menambahkan, dalam proses pelaksanaan KKN-PPM, UGM bermitra dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Adapun sebanyak 255 mahasiswa peserta KKN-PPM Semester Gasal tahun 2014 akan melakukan pengabdian kurang lebih selama dua bulan dengan pola menginap, yakni 3 November- 31 Desember. Mereka dibagi dalam 12 unit yang disebar di 3 kabupaten, yaitu Sleman, Bantul dan Jepara.

Selama KKN, semua mahasiswa akan menggarap berbagai potensi desa dengan berbagai tema yang berkaitan dengan ekonomi kreatif pedesaan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif