News
Senin, 18 September 2023 - 13:17 WIB

UDB Surakarta Sukses Gelar Lomba Kompetensi Siswa SMA Tingkat Provinsi Jateng

Brand Content  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peserta dan panitia berfoto bersama saat Lomba Kompetensi Siswa SMA/SMK/MA tingkat provinsi Jawa Tengah pada Sabtu (16/9/2023) di Kampus Rektorat UDB.(Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Sejumlah organisasi mahasiswa di lingkungan kampus Fakultas Hukum dan Bisnis Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta menggelar lomba kompetensi siswa SMA/SMK/MA tingkat provinsi Jawa Tengah, pada Sabtu (16/9/2023) di Kampus Rektorat UDB.

Organisasi-organisasi mahasiswa tersebut terdiri atas HMP Manajemen, HMP Akuntansi, HMP Hukum dan HMP Bahasa Inggris diberikan wadah oleh BEM Fakultas Hukum dan Bisnis untuk berkolaborasi menggarap kegiatan lomba tersebut.

Advertisement

Berdasarkan keterangan tertuls yang diterima Solopos.com, Senin (18/9/2023) lomba kompetensi siswa yang diikuti sejumlah siswa dari berbagai SMA/SMK/MA daerah itu mengambil tema “Membangun dan Mewujudkan Generasi Milenial yang Unggul Dalam Berbagai Bidang”.

Dijelaskan, tujuan diselenggarakannya Lomba Kompetensi Siswa SMA/SMK/MA adalah agar peserta dapat menggali bakat potensi diri dan melangkah menuju kemajuan di setiap bidang yang mereka geluti.

Advertisement

Dijelaskan, tujuan diselenggarakannya Lomba Kompetensi Siswa SMA/SMK/MA adalah agar peserta dapat menggali bakat potensi diri dan melangkah menuju kemajuan di setiap bidang yang mereka geluti.

Lomba kompetensi tersebut digelar dalam 4 kategori yang disesuaikan dengan program studi yang ada di Fakultas Hukum dan Bisnis UDB Surakarta, yakni Lomba Laporan Keuangan, Lomba Business Plan, Lomba Pidato, dan Lomba Cover Song. Lomba ini juga dihadiri oleh dosen, kaprodi dan dekan Fakultas Hukum dan Bisnis UDB Surakarta. .

Lomba Laporan Keuangan yang dirancang oleh HMP Akuntansi dan BEM FHB diikuti oleh para peserta baik dari SMA maupun SMK, namun tingkat kesulitan soal juga disesuaikan dengan kemampuan siswa sesuai latar belakang masing-masing siswa.

Advertisement

Lomba Business Plan yang dirangkai oleh HMP Manajemen dan dimonitori oleh BEM FHB dimenangkan oleh siswi SMK Batik 1 Surakarta, Alya Nur Aisyah. Dalam lomba ini peserta lomba diminta untuk mempresentasikan hasil rencana bisnis sesuai dengan kategori yang sudah ditentukan sebelumnya seperti usaha di bidang jasa, kuliner, dan lain-lain. Aspek penilaian dalam jenis lomba business plan ini yakni cara penyampaian, isi materi, dan bobot jawaban pertanyaan.

Lomba Pidato yang diajukan oleh HMP Hukum bersama BEM FHB merupakan lomba yang cukup banyak peminat peserta dimenangkan oleh Vika Inggar Nafisatu Rohmah dari SMA Unggulan CT Arsa Foundation.

Sementara lomba terakhir persembahan dari HMP Bahasa Inggris dan BEM FHB yakni Lomba Cover Song dengan lagu Berbahasa Inggris dimenangkan oleh Nessabel Keren Hapukh dari SMA Warga Surakarta.

Advertisement

Tak hanya pemenang juara 1, panitia juga memberikan apresiasi kepada para pemenang juara 2 dan 3.

Sebanyak 12 pemenang tersebut akan mendapat hadiah berupa beasiswa UDB, uang tunai, piala, dan sertifikat. Peserta yang belum mendapat juara juga berkesempatan mendapatkan sertifikat sebagai peserta lomba.

Tujuan diselenggarakannya Lomba Kompetensi Siswa SMA/SMK/MA adalah agar peserta dapat menggali bakat potensi diri dan melangkah menuju kemajuan di setiap bidang yang mereka geluti.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif