News
Jumat, 17 April 2015 - 15:55 WIB

TKI DIPANCUNG DI ARAB SAUDI : 2 TKI Dihukum Mati, Ketua DPR: Pemerintah Harus Bertindak!

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Setya Novanto (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

2 TKI dipancung di Arab Saudi disesalkan Ketua DPR.

Solopos.com, JAKARTA – Ketua DPR Setya Novanto menyesalkan tindakan pemerintah Arab Saudi yang melakukan eksekusi mati terhadap dua terpidana mati Tenaga Kerja Indonesia Siti Zaenab dan Karni Binti Medi Tarsim tanpa pemberitahuan.

Advertisement

“Yang dilakukan Menlu begitu aktif tetapi dengan Menteri terkait saya minta betul-betul proaktif untuk menyelesaikan bantuan hukum dan mengintervensi segala masalah-masalah produk hukum hukuman mati yang ada di negara lain,” katanya di kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (17/4/2015).

Siti Zaenab TKI asal Bangkalan Madura dieksekusi pada 14 April 2015 atas kasus pembunuhan terhadap majikan namun Pemerintah RI tidak diberitahu sebelumnya.

Dua hari kemudian pada 16 April 2015 Karni TKI asal Brebes juga dieksekusi karena kasus pembunuhan berbeda.

Advertisement

Hukuman mati kedua WNI dalam waktu berdekatan itu, menurut Setya harus menjadi catatan bagi Pemerintah RI untuk meningkatkan inventarisasi WNI yang terancam hukuman mati di negara-negara lain.

Pemerintah diharapkan bertindak sedini mungkin terhadap ancaman tersebut.

“Kita harapkan pihak keluarga tabah menghadapi ini. Masalahnya tentu tidak lepas dari masalah-masalah yang harus dilihat secara lebih jernih,” ujar dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif