News
Rabu, 13 September 2023 - 13:24 WIB

Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UDB Surakarta Hadirkan 5 Dosen Praktisi

Brand Content  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kuliah Praktisi di Kampus Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kemampuan mengolah Data Science merupakan keahlian yang sangat penting pada era teknologi informasi. Bidang yang memerlukan keahlian menganalisis, memvisualisasikan dan mengolah data ini dapat membantu perusahaan untuk perbaikan proses dalam pengambilan keputusan.

Saat ini, berbagai sektor baik sektor swasta maupun pemerintah semakin membutuhkan data scientist dan mengimplementasikan teknologi pendukung analisa data di dalam organisasi.

Advertisement

Terkait hal tersebut, belum lama ini Program Studi S1 Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta mengadakan Kuliah Praktisi untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang Data Science.

Kegiatan kuliah praktisi di bidang data science ini, menghadirkan narasumber Praktisi dari Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

Advertisement

Kegiatan kuliah praktisi di bidang data science ini, menghadirkan narasumber Praktisi dari Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

Praktisi pertama yang dihadirkan adalah Didi Ruhyadi dari PT Widya Intelektual Bangsa Yogyakarta menyampaikan materi tentang Computer Vision dan Prananto Widi Hapsoro, S.Si dari PT Sadasa Academy Yogyakarta yang menyampaikan materi Business Intelligance.

Ada juga Novan Hartadi dari PT Global Data Inspirasi Yogyakarta yang menyampaikan materi Manajemen Proyek Data Science dan Aris Budiyanto dari PT Indosat Semarang yang membawakan materi Visualisasi Data dan Informasi serta praktisi kelima adalah Ahmad Lutfi Bayu Aji dari PT Dua Empat Tujuh Yogyakarta yang menyampaikan materi Analisis Prediktif.

Advertisement

Kegiatan Kuliah Praktisi ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta Wijiyanto, S.Kom., M.Pd., M.Kom.

Para peserta Kuliah Praktisi sangat antusias mengikuti kegiatan ini, dilihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan mahasiswa kepada praktisi dalam kegiatan ini.

“Kegiatan Kuliah Praktisi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Program Kompetisi-Kampus Merdeka (PK-KM) Tahun 2023. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat menambah wawasan dan semangat dalam mempelajarai data science,” ujar Ketua Program Studi Sistem Informasi, Eko Purwanto dalam keterangan tertulis.

Advertisement

Dia menyampaikan peningkatan kompetensi mahasiswa dalam bidang Data Science dapat dilakukan dengan kegiatan praktisi mengajar dalam bidang Data Science.

“Program ini dapat mendorong pembelajaran pengetahuan untuk praktik dan untuk melatih kompetensi profesional mahasiswa mendapatkan pengalaman di dunia kerja dalam bidang Data Science,” ujarnya.

Dijelaskan, praktisi pada bidang Data Science dapat menyampaikan pengalaman secara praktis, atau keahlian professional yang lebih implementatif. Kegiatan praktisi mengajar menekankan pada akuisisi kompetensi profesional dan kebutuhan untuk menggunakan refleksi untuk meningkatkan praktek Data Science.

Advertisement

“Harapannya adalah mahasiswa dapat belajar dari Praktisi sehingga meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang Data Science,”kata Eko Purwanto.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif