News
Jumat, 28 November 2014 - 17:20 WIB

Tim UGM Borong 5 Penghargaan Gemastik

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, SLEMAN-Tim Universitas Gadjah Mada (UGM) memborong lima penghargaan dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK (Gemastik) ke-7 yang digelar di GSP UGM, 25-26 November 2014. Pada kompetisi tersebut tim UGM meraih dua medali emas, dua medali perak, dan penghargaan honorable mention.

Gemastik ke-7 mempertandingkan sembilan kategori. Adapun dua medali emas yang diraih UGM berasal dari tim Sadar di kategori permainan bisnis dan tim Some Random Name Here yang mengembangkan sistem informasi akademik di kategori desain UX. Sementara dua medali perak diraih tim The Nighters di kategori kemanan jaringan dan tim Sumber Makmur pada kategori pengembangan game. Sedangkan honorable mention berhasil diraih tim Some Random Name Here.

Advertisement

Vina Sectiana A, salah satu anggota tim Some Random Name Here mengatakan ia bersama dengan dua rekannya di Reza Arkan Partadirejda dan M Ilham Esman dari prodi Teknologi Informasi Fakultas Teknik mengembangkan rancangan sistem informasi akademik terpadu bernama Akademia +. Sistem tersebut didesain dengan mengintegrasikan atau menyatukan berbagai informasi akademik dalam satu sistem informasi.

“Selama ini sistem informasi akademik yang ada belum terintegrasi, masih dalam sistem yang bebeda-beda sehingga kurang memudahkan mahasiswa,” jelasnya seperti rilis yang Harianjogja.com, terima.

Karenanya tiga mahasiswa muda ini tergerak untuk mengembangkan sistem informasi yang memudahkan mahasiswa. Mereka merangkum keseluruhan unsur seperti informasi akademik untuk penyusunan rencana studi (KRS), hasil pembelajaran dalam 1 semester (KHS), dan pembayaran uang kuliah. Bahkan memasukkan berbagai informasi kegiatan mahasiswa, beasiswa, pertukaran mahasiswa.

Advertisement

“Pretasi-prestasi yang diraih mahasiswa juga kita masukkan dalam sistem ini agar dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih berprestasi,”imbuhnya.

Vina menuturkan desain sistem informasi yang mereka kembangkan sejak bulan Juni 2014 lalu saat ini telah diwujudkan dalam bentuk website yang siap untuk dijalankan. Faktor tersebut yang menjadikan timnya terpilih menjadi yang terbaik di kategori desain UX serta dinobatkan meraih honorable mention dan berhak berkunjung ke perusahaan Googgel Singapura.

“Menurut juri produk kami siap di pasarkan setelah melalui sejumlah penyempurnaan terlebih dulu,” ujarnya.

Advertisement

Kompetisi Gemastik 7 diikuti sebanyak 1.815 tim dari 166 perguruan tinggi di Indonesia. Setelah melalui tiga kali seleksi meloloskan sebanyak 104 tim dari 33 perguruan tinggi yang masuk di babak final. Dari 13 tim yang dikirimkan UGM dalam kompetisi tersebut, sebanyak 4 tim berhasil meraih penghargaan dalam empat kategori berbeda.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif