News
Minggu, 16 April 2023 - 12:25 WIB

Tim Ekspedisi Mudik 2023 Tiba di Pelabuhan Merak, Antrean Kendaraan Mulai Ramai

Gigih Windar Pratama  /  Ponco Suseno  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemudik yang mengantre menuju kapal penyeberangan ferry milik ASDP di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Minggu (16/4/2023) (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, BANTEN — Para pemudik yang mengarah ke Pulau Sumatera mulai menenuhi Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Minggu (16/4/2023). Mereka dilayani oleh kapal ASDP menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Berdasarkan pantauan Tim Ekspedisi Mudik 2023, pemudik yang menuju Pelabuhan Merak rata-rata menggunakan mobil pribadi.

Advertisement

Salah satu petugas yang mendata kendaraan di Pelabuhan Merak, Mustaqim, mengatakan pemudik yang ada di Pelabuhan Merak paling banyak berangkat di malam hari. Ia juga menyebut ada antrean pemudik di waktu-waktu tertentu.

“Ramainya biasanya malam hari, sekitar pukul 19.00 WIB sampai sebelum 05.00 WIB. Nanti arus pemudiknya melandai, lalu naik lagi pada pukul 16.00 WIB,” ucap Mustaqim.

Advertisement

“Ramainya biasanya malam hari, sekitar pukul 19.00 WIB sampai sebelum 05.00 WIB. Nanti arus pemudiknya melandai, lalu naik lagi pada pukul 16.00 WIB,” ucap Mustaqim.

Sedangkan dari data yang dikeluarkan oleh ASDP Indonesia Ferry hingga Sabtu (15/4/2023) atau dari H-10 hingga H-7 Lebaran, sebanyak 28.853 kendaraan dibawa mudik pemiliknya dari Pelabuhan Merak. Rinciannya, 12.763 mobil, 3.356 motor, 1.097 bus, dan 11.647 truk.

Sebagai informasi, mulai H-7 Lebaran, Pelabuhan Merak sudah tidak melayani pemudik yang menggunakan sepeda motor. Pemudik yang menggunakan motor akan diarahkan menuju Pelabuhan Ciwandan.

Advertisement

Diperkirakan puncak arus mudik di Pelabuhan Merak jatuh pada H-2 Lebaran. Sedangkan dari Pelabuhan Bakauheni diperkirakan puncak arus balik akan mengalami puncaknya di H-5 Lebaran.

Pemudik sudah tidak bisa lagi membeli tiket secara langsung di Pelabuhan Merak. Bagi para pemudik yang berminat menggunakan kapal ferry milik ASDP bisa membeli tiket di https://www.ferizy.com atau di laman penjualan tiket secara daring.

Advertisement

Dikutip dari Bisnis.com, Selasa (13/4/2023), pemudik yang meggunakan sepeda motor dan truk tidak bisa melewati Pelabuhan Merak. Pemudik akan dilayani dengan rute Ciwandan-Bakauheni mulai dari H-7 hingga H-1 Lebaran.

Sedangkan untuk truk golongan V B dan VI B pada periode H-4 sampai H-1 akan dilayani di Pelabuhan Ciwandan. Khusus di Pelabuhan Ciwandan, 11 kapal akan mengangkut pemudik motor dan truk dengan 21 trip keberangkatan setiap harinya.

Ekspedisi Mudik 2023 adalah program kolaborasi Solopos Media Group dengan ASDP Indonesia Ferry, Pertamina Patra Niaga, PT KAI, Nasmoco, dan Oleh-oleh Khas Solo Era Jaya.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif