News
Sabtu, 6 Februari 2010 - 19:42 WIB

Tiga provinsi diusulkan jadi tuan rumah Porwanas 2013

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Palembang–
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) se Indonesia di Palembang, Sabtu memutuskan tiga provinsi diusulkan menjadi calon tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) tahun 2013.

Provinsi yang diusulan menjadi tuan rumah Porwanas itu masing-masing Jawa Timur (Jatim), Jawa Barat (Jabar) dan Papua.

Advertisement

Disulkannya ketiga provinsi tersebut menjadi calon tuan rumah Porwanas karena mereka mendapat suara terbanyak dari lima daerah yang mengusulkan pada Rekernas dipimpin Ketua Siwo PWI Pusat, Raja Parlindungan Pane itu.

Sebelumnya ada lima provinsi yang mengusulkan menjadi calon tuan rumah Porwanas yakni Jatim, Jabar, Papua, Bangka Belitung dan Sumatra Utara.

Advertisement

Sebelumnya ada lima provinsi yang mengusulkan menjadi calon tuan rumah Porwanas yakni Jatim, Jabar, Papua, Bangka Belitung dan Sumatra Utara.

Namun, jumlah tersebut diperkecil lagi menjadi tiga daerah sesuai permintaan peserta Rakernas, dan berdasarkan keputusan suara terbanyak dari lima provinsi yang mengusulkan itu.

Menurut Munir, Ketua Siwo PWI Cabang Jatim, kesiapan provinsi tersebut menjadi tuan rumah karena kegiatan bagi kalangan wartawan se Indonesia itu didukung sepenuhnya gubernur.

Advertisement

Berdasarkan pertimbangan itu maka Provinsi Jatim siap menjadi tuan rumah Porwanas yang akan dilaksanakan lebih meriah lagi, ujar dia.

Sementara alasan Jabar menginginkan agar provinsi tersebut bisa menjadi tuan rumah Porwanas, karena daerah itu juga akan menjadi tempat penyelenggaraan SEA Games tahun 2011.

Sedangkan utusan Papua juga menginginkan menjadi tuan rumah Porwanas, karena ingin memperkenalkan daerah itu sekaligus pemerataan dan sebagai ajang silaturrahmi.

Advertisement

Ketua Siwo PWI Bangka Balitung, Emil Mahmud mengatakan, pemilihan calon tuan rumah Porwanas yang dilaksanakan di Palembang melalui Rakenas itu cukup demokratis.

Memang, Bangka Belitung kalah suara sehingga tidak terpilih menjadi salah satu calon pelaksana Porwanas, ujar dia.

Menurut dia, sebenarnya tekad untuk menjadi tuan rumah tersebut, karena secara lisan Gubernur H Eko Maulana Ali telah mengamanatkan untuk memperjuangkan menjadi tempat pelaksana Porwanas.

Advertisement

Selain itu keinginan menjadi tuan rumah supaya provinsi yang terkenal dengan sektor pariwisata tersebut semakin besar melalui promosi pada ajang Porwanas, tambah dia.

Sebelumnya juga telah ditetapkan Provinsi Sulawesi Tenggara menjadi tuan rumah Rakernas pada tahun 2011.

Menurut Ketua Siwo PWI Cabang Sulawesi Tenggara, Altor Opungsu, keinginan menjadi tuan rumah Rakenas karena provinsi itu sudah siap sepenuhnya dalam segala hal.

Ketua Siwo PWI Pusat, Raja Parlindungan Pane mengatakan, setip provinsi yang diputuskan dalam rakenas menjadi calon tuan rumah Porwanas dan rapat kerja harus mengusulkan pesyaratan antara lain permohononan melalui surat.

Selanjutnya ada dukungan dari cabang olahraga di provinsi tersebut supaya pelaksanaan nanti benar-benar siap, tambah dia.

ant/isw

Advertisement
Kata Kunci : Porwanas 2013 Tuan Rumah
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif