News
Rabu, 21 Agustus 2013 - 18:12 WIB

TES KEPERAWANAN SISWI : Disdik Prabumulih : Informasi yang Beredar Sama Sekali Tak Benar

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelajar SMA. (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, PALEMBANG — Tes keperawanan belakangan jadi salah satu trending topic di media massa. Isu ini berawal dari Kota Prabumulih, Sumatra Selatan. Dinas Pendidikan (Disdik) Prabumulih diisukan melakukan tes keperawanan terhadap pelajar di kota itu.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Prabumulih H.M. Rasyid, kepada wartawan via telepon, Rabu (21/8/2013) sebagaimana dikutip Detik membantah informasi tersebut. Ditegaskan dia, informasi yang beredar sama sekali tidak benar.

Advertisement

Untuk tes keperawanan harus melibatkan banyak pihak. Bukan hanya Disdik, juga Kantor Kementerian Agama, Dinas Kesehatan, dan perwakilan masyarakat.

“Informasi yang ramai menyebutkan adanya program Disdik Prabumulih untuk tes keperawanan bagi calon pelajar perempuan itu entah dari mana asalnya, saya tidak pernah mengatakan hal tersebut,” tegasnya.

Bahkan, menurut Rasyid, tes keperawanan bagi calon pelajar perempuan tidak terlalu penting. Masih banyak hal penting di sekolah, misalnya budi pekerti dan etika, yang di dalamnya juga mengenai soal keperawanan.

Advertisement

Sebenarnya, maraknya pemberitaan tes keperawanan bagi pelajar perempuan di Prabumulih, jelas Rasyid, bermula terbongkarnya kasus percobaan human trafficking oleh Polres Prabumulih, yang mana ada enam pelajar perempuan.

“Lalu dari pemeriksaan, mukicari atau pelaku trafficking itu mengatakan kepada salah satu orang tua korban bahwa anaknya sudah tidak perawan lagi. Orang tua korban itu kemudian berencana akan melakukan tes keperawanan. Itu pun baru sebatas rencana. Belum ada
realisasi, sebab masih perlu pertimbangan yang matang,” urainya katanya.

Rasyid melanjutkan, saat itu juga kemudian ada wartawan yang menanyakan soal tes keperawanan itu kepada dia. Rasyid mengaku hanya menjawab dengan mengkaji saja.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif