News
Kamis, 8 Januari 2015 - 06:15 WIB

TEROR PARIS : Ini Kicauan Terakhir Sebelum Charlie Hebdo Diserang

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aksi simpati bagi Charlie di Paris, Kamis (8/1/2015) dini hari. (JIBI/Solpos/Reuters/Carlo Allegri)

Teror Paris menewaskan 11 orang. Sebelum diserang Twitter Charlie Hebdo rupanya mengunggah gambar karikatur g pemimpin kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Abu Bakr Al-Baghdadi.

Solopos.com, PARIS – Majalah satire Charlie Hebdo memiliki lebih dari 109.000 pengikut di Twitter, dan tepat di kicauan nomor 5.849–sesaat sebelum diteror oleh pria bersenjata, Rabu (7/1/2015)–gambar karikatur pemimpin kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Abu Bakr Al-Baghdadi diposting oleh mereka.

Advertisement

Bunyi kicauan sebelum teror Charlie Hebdo itu diberi kalimat pengantar “Ngomong-ngomong, salam hangat” yang ditulis dengan bahasa Prancis Kartun dengan sosok Al-Baghdadi sedang memberi pidato dituliskan dengan narasi kira-kira “Untuk kamu juga, Al-Baghdadi.” Dan pemimpin ISIS itu dinarasikan berkata “Terutama untuk kesehatanmu.”

Dilansir Antara, Rabu (7/1/2015), di jejaring sosial, majalah ini mendeskripsikan dirinya sebagai “koran yang tidak bertanggungjawab”. Di edisi terbarunya pekan ini Charlie Hebdo menampilkan novel provokatif karya Michel Houellebecq berjudul Submission yang membuat satire Perancis sedang dipimpin oleh seorang presiden Muslim.

The Guardian melaporkan editor Charlie Hebdo, Stephane Charbonnier, menerima ancaman pembunuhan dan hidup dalam perlindungan kepolisian sejak saat itu.

Advertisement

Editor Charlie Hebdo itu selalu berkeras kartun Nabi Muhammad adalah kesenangan yang tidak berbahaya, meskipun ia sadar bahwa Islam melarang gambar Muhammad dipublikasikan karena diyakini aksi demikian masuk kategori asusila.

Charbonnier alias Charb telah menjadi editor sejak tahun 2009. Ia dikabarkan tewas dalam aksi teori Paris Charlie Hebdo yang terjadi Rabu (7/1/2015) pagi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif