News
Minggu, 28 April 2024 - 00:14 WIB

Tengah Malam, Gempa M 6,5 Guncang Garut, Getaran Terasa hingga Jawa Timur

Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gempa bumi M 6,5 mengguncang Garut, Sabtu (27/4/2024) sekitar pukul 23.29 WIB. (Istimewa/Tangkapan Layar)

Solopos.com, GARUT – Wilayah Kabupaten Garut Jawa Barat diguncang gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,5 Sabtu (27/4/2024) tengah malam sekitar pukul 23.29 WIB yang getarannya terasa hingga Jawa Timur. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis kabar tersebut di akun Twitter (X).

Mengutip unggahan resmi dari BMKG, Sabtu ini, pusat gempa berada di 151 km Barat Daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 10 Km.

Advertisement

#Gempa Dirasakan Magnitudo: 6.5, Kedalaman: 10 km, 27 Apr 2024 23:29:47 WIB, Koordinat: 8.42 LS-107.26 BT (Pusat gempa berada di laut 151 km barat daya Kabupaten Garut) #BMKG,” demikian seperti tertulis di akun X BMKG.

Lebih lanjut, BMKG menyebut informasi tersebut mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data.

Sedangkan untuk getaran dirasakan dalam skala MMI (Modified Mercalli Intensity) IV di Sukabumi, III-IV Bandung, III Tangerang, IV Tasikmalaya, III-IV Garut, III-IV Bogor, III Jakarta, III Kebumen, III Banyumas, III Cilacap, II Bantul, II Sleman, II Kulonprogo, II Trenggalek, II Malang.

Advertisement

I MMI berarti getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang, II MMI artinya, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kemudian, III MMI yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Sementara IV MMI artinya pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Advertisement
Kata Kunci : Gampa Bumi Gempa Garut
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif