News
Selasa, 30 Mei 2023 - 10:59 WIB

Tema dan Logo Hari Lahir Pancasila 2023 Bisa Diunduh di Sini!

Nugroho Meidinata  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tema dan logo Hari Lahir Pancasila 2023. (BPIP)

Solopos.com, SOLO — Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah merilis tema dan logo dalam memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Kamis, 1 Juni 2023.

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni. Pemerintah menjadikan 1 Juni sebagai hari libur nasional atau tanggal merah melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Advertisement

Hari Lahir Pancasila mengacu pada sejarah dicetuskannya Pancasila 1 Juni 1945 lewat pidato Presiden pertama RI, Soekarno, dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai. Selain Soekarno, perumusan Pancasila juga disodorkan oleh Mohammad Yamin dan Soepomo dalam sidang pertama BPUPKI pada 29 Mei-1 Juni 1945.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila 2023, BPIP sendiri telah merilis tema dan logonya di laman resminya. Adapun temanya adalah Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global dengan tagline “Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia”.

Sementara itu, untuk logonya berupa ikon masyarakat yang berpegang tangan yang bercampur dengan ilustrasi burung garuda dengan sayap berjumlah 5.

Advertisement

Logo tersebut membentuk lingkaran yang mengartikan bola dunia sebagai perwujudan dunia.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 menjadi momentum untuk bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Pancasila menjadi energi bagi Bangsa Indonesia sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi untuk kemakmuran rakyat Indonesia dan Dunia,” bunyi rilis BPIP dalam laman resminya.

Untuk tema dan logo Hari Lahir Pancasila 2023, kamu juga bisa mengunduhnya dengan cara klik di sini.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif