News
Rabu, 11 Desember 2013 - 13:28 WIB

Tak Punya Hubungan Diplomatik, Menteri Israel Datang ke Bali

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos..com, JAKARTA — Ada satu catatan menarik dari gelaran konferensi WTO di Bali pekan lalu. Menteri Perekonomian Israel, Naftali Bennet, hadir dan menjadikannya sebagai anggota kabinet Israel pertama yang bertandang ke Indonesia dalam 13 tahun terakhir.

Hal itu diakui oleh Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, yang memimpin Konferensi Tingkat Menteri (KTM) WTO saat itu. “Ya yang bersangkutan datang,” ujar Menteri Perdagangan Gita Wirjawan ketika dimintai konfirmasi mengenai kedatangan, Bennet.

Advertisement

Menurut Gita, peran Bennet di dalam konferensi WTO kurang lebih sama dengan menteri-menteri dari negara lainnya. “Seaktif menteri yang lain,” kata Gita di sela-sela pembukaan Pameran Katembiri di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (11/10/2013).

Anggota kabinet Israel yang terakhir kali mengunjungi Indonesia adalah Shimon Peres di tahun 2000. Kala itu, Peres menjabat sebagai Menteri Kooperasi Regional.

Seperti diketahui, selama ini tidak ada hubungan diplomatik Indonesia-Israel. Namun hal itu tidak menyulitkan proses kedatangan Bennet ke Indonesia. Berdasarkan sebuah laporan November lalu, menteri Israel tersebut telah menerima visa tanpa masalah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif