News
Rabu, 19 Oktober 2022 - 21:18 WIB

Tak Ada Korban Jiwa, Ini Penyebab Kebakaran di Masjid Jakarta Islamic Center

Newswire  /  Abdul Jalil  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) di Koja, Jakarta Utara mengalami kebakaran pada Rabu (19/10/2022). ANTARA/HO-Sudin Gulkarmat Jakut

Solopos.com, JAKARTA — Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) yang berlokasi di Jalan Kramat Raya, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, mengalami kebakaran hebat pada Rabu (19/10/2022) sore. Saat kebakaran terjadi kubah masjid tersebut sampai roboh.

Kubah masjid JIC itu terbakar saat masih dalam proses pengerjaan renovasi. Sehingga saat kejadian, masjid tersebut tidak sedang digunakan untuk beribadah.

Advertisement

“Ya pak, masih renovasi,” kata Kepala Sub Divisi Pengkajian Masjid Raya JIC, Paimun Karim, saat dikonfirmasi, Rabu (19/10/2022).

Dia menyampaikan percikap api muncul selepas waktu salat Ashar ketika ada pengerjaan membran pelapis anti bocor dengan cara dilelehkan.

Saat itu, terjadi percikan api yang mengenai bagian kubah yang mudah terbakar hingga akhirnya kubah itu mengalami kebakaran. Apalagi saat kejadian juga ada angin kencang, sehingga api semakin membesar.

Advertisement

Baca Juga: Patuhi Perintah FS, Arif Rachman Rusak Laptop Isi Rekaman Pembunuhan Brigadir J

“Tiupan angin kencang membuat api semakin membesar,” kata dia.

Paimun menegaskan dalam peristiwa kebakaran itu tidak ada korban jiwa. Mengenai kerugian yang ditimbulkan, sampai saat ini pihaknya belum memperkirakan kerugian. Dalam kebakaran itu, kubah masjid JIC itu ambruk.

Advertisement

Atas peristiwa itu, Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara telah memeriksa empat orang saksi yang berada di lokasi kejadian. Mereka yang diperiksa adalah pekerja dari kontraktor PT DASP yang sedang melakukan renovasi atap kubah Masjid Raya JIC.

Saat kebakaran terjadi, saksi berupaya memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (Apar). Namun, api yang semakin membesar dan akhirnya kubah masjid tersebut keseluruhannya terbakar.

Baca Juga: Kebakaran Hebat, Kubah Masjid Jakarta Islamic Center Ambruk

Sembilan unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta melakukan penanganan kebakaran. Hingga Rabu petang, api masih belum padan dan masih dalam penanganan petugas kebakaran.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif