News
Rabu, 3 Februari 2010 - 16:49 WIB

Susno bantah intervensi kasus bailout Century

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji membantah intervensi saat penyelidikan kasus bailout Bank Century yang mengarah pada Wakil Presiden Boediono. Menurut Susno pada saat itu dirinya sudah tidak lagi di Bareskrim Mabes Polri.

“Oh tidak, pas jadi Kabareskrim, saya punya kewenangan untuk mendahulukan yang mana ini dan mana yang tidak. Kalau terkait bailout itu memang uang rakyat, tapi kan belum tahu,” ujar Susno saat dicegat wartawan di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (3/2).

Advertisement

Menurut Susno, saat dia menjadi Kabareskrim, penyidik kasus Century terbagi menjadi 3. Pertama tentang kasus Antaboga, kedua tentang Bank Century, dan yang ketiga tentang bailout.

“Kan Antaboga itu diprioritaskan. Karena milik nasabah. Yang kedua juga ada duit nasabah dan kita prioritaskan. Tentang bailout, bukan tidak diprioritaskan. Mengapa? Karena tidak masuk duit orang per orangan,” jelasnya.

Susno menjelaskan saat Bareskrim akan memintai keterangan beberapa pihak, ternyata ada pihak-pihak yang sedang mengikuti kegiatan pemilihan presiden. Namun pemeriksaan terhadap pihak-pihak itu tidak sempat dilakukan karena dirinya tidak sempat menjabat lagi sebagai Kabareskrim.

Advertisement

“Tahu-tahu begitu sudah tahapnya mau diperiksa, saya sudah nggak jadi Kabareskrim lagi. Sekarang, diganti Pak Ito. Apakah Pak Ito memprioritaskan atau tidak?” tuturnya.

Dalam testimoninya, Susno antara lain menyatakan penyelidikan terhadap Bank Century dihentikan kepolisian karena ada seorang anggota KSKK yang maju dalam pemilihan Presiden/wakil presiden.

Namun Susno sendiri membantah bahwa keterangan tertulis yang disampaikannya pada Pansus adalah testimoni. “Itu data pendukung. Itu belum jadi buku, baru konsep yang perlu diperbaiki,” tutur Susno.

Advertisement

dtc/fid

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif