News
Sabtu, 25 November 2023 - 14:46 WIB

Survei LSN Terbaru, Elektabilitas Prabowo-Gibran Capai 42,1 Persen

Sholahuddin Al Ayyubi  /  Kaled Hasby Ashshidiqy  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (tengah) didampingi istri Selvi Ananda (kanan) bersiap menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (26/10/2023). (Antara/Galih Pradipta)

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) untuk Pilpres 2024.

Survei yang digelar pada 5-12 November 2023 dengan jumlah responden sebanyak 1.420 orang di 38 provinsi di Indonesia tersebut menunjukkan bahwa elektabilitas paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kembali naik hingga 42,1%.

Advertisement

Elektabilitas paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi kedua dengan perolehan 28,8%, disusul paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 25,5%. Sisa 3,9% responden masih belum menentukan pilihan.

Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry, mengatakan bahwa hasil survei tersebut menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran berpeluang lolos ke putaran kedua Pilpres 2024.

“Prabowo-Gibran berpotensi lolos ke putaran kedua. Sementara itu, Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin masih berpeluang untuk lolos putaran kedua, tapi juga bisa tereliminasi,” ujar Gema dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

Advertisement

Menurut Gema, ada beberapa faktor yang menyebabkan elektabilitas Prabowo-Gibran naik. Pertama, Prabowo-Gibran dianggap bisa melanjutkan program Presiden Jokowi (34,5%). Kedua, Prabowo-Gibran dinilai sebagai kombinasi tua-muda yang ideal dengan latar belakang TNI dan sipil (18,7%). Ketiga, kinerja keduanya sebagai Wali Kota dan Menhan dianggap sangat baik (14,2%).

“Alasan lainnya karena Prabowo-Gibran dinilai selalu mengedepankan persatuan nasional (12,3%) dan memiliki strategi sosialisasi lewat media sosial yang menarik (11,9%),” kata Gema.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judulLembaga Survei Nasional: Elektabilitas Prabowo-Gibran Naik 42,1 Persen

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif