News
Rabu, 25 Februari 2015 - 20:20 WIB

SUKUK : Ritel SR-007 BTN Syariah Ludes

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (onislam.net)

Sukuk utamanya ritel SR-007 BTN Syariah yang ludes terjual menggambarkan antusias warga terhadap investasi dalam bentuk lain.

Harianjogja.com, JOGJA- Antusiasme masyarakat untuk investasi sukuk cukup tinggi. Terbukti, target penjualan Sukuk Negara Ritel (Surat Utang Negara) Seri (SR) 007 Bank BTN Unit Syariah tercapai.

Advertisement

Debuty Branch Manager BTN Syariah Jogja Fajar Setyo Nugroho mengatakan, Sukuk ritel merupakan surat berharga syariah yang diterbitkan oleh Negara. Secara nasional, BTN menargetkan penjualan sukuk sebesar Rp600 miliar.

“Sukuk ritel ini bermanfaat untuk mendukung pembiayaan negara. Setiap tahun, penjualan sukuk ritel terbilang bagus karena animo masyarakat cukup tinggi,” kata Fajar, di kantornya Selasa (24/2/2015).

Dia menjelaskan pemesanan sukuk di BTN Syariah Jogja sudah sesuai target. Sayang, Fajar enggan menyebut nominalnya. Padahal, masa penawaran sukuk seri 007 ini disejumlah perbankan berlangsung hingga 28 Februari 2015. Penerbitan sukuk ritel ini mempunyai masa jatuh tempo selama tiga tahun dengan tingkat imbalan 8,25% per tahun. Pembayaran tingkat imbalan dikatakan setiap tanggal 11 per bulan.

Advertisement

“Sifatnya fix coupon atau tidak berubah. Satu orang hanya boleh melakukan pembelian maksimal Rp5 miliar dan minimal sebesar Rp5 juta,” terang Fajar.

Sementara, Unit Head Marketing BTN Syariah Jogja Diani Wahyu Setyanti menambahkan, ada sejumlah keunggulan dari Sukuk Ritel Negara SR-007 ini yang akan didapat nasabah. Misalnya, imbalan atau kupon yang didapat akan lebih tinggi dari deposito rata-rata perbankan dan mendapat jaminan sepenuhnya dari pemerintah.

“Keunggulan lain adalah nasabah bisa mencairkan dana kapan saja, tidak harus menunggu waktu jatuh tempo selama 3 tahun,” lanjut Diani.

Advertisement

Syarat untuk berinvestasi pada Sukuk Ritel di BTN Syariah ini pun tidak sulit. Calon investor hanya perlu menyerahkan fotocopy KTP yang masih berlaku.

“Jika ingin membeli Sukuk Ritel di BTN Syariah tidak harus nasabah. Mereka yang belum memiliki rekening disini, bisa tetap membeli Sukuk Ritel di BTN Syariah. Nanti kita bantu membuka rekening, karena rekening ini nantinya untuk keperluan bagi hasil,” terangnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif