News
Jumat, 11 Mei 2012 - 13:03 WIB

SUKHOI JATUH: Tim SAR Rusia Siap Bergabung Dalam Evakuasi

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim SAR Personel TNI AD mulai mencari lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 dengan menyisir kawasan Gunung Salak, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (10/5) (Foto Antara)

Tim SAR Personel TNI AD mulai mencari lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 dengan menyisir kawasan Gunung Salak, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (10/5) (Foto Antara)

MOSKOW- Pemerintah Rusia mengirimkan tim penyelamat untuk ambil bagian dalam pencarian dan operasi penyelamatan korban kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet-100 yang dijadwalkan tiba di Jakarta, Jumat (11/5/2012), kata Juru Bicara Kementerian Urusan Situasi Darurat Rusia Irina Andrianova.

Advertisement

“Berdasarkan keputusan kepemimpinan negara dan koordinasi dengan pihak Indonesia, kementerian mengirimkan tim penolong dan peralatan yang diperlukan, termasuk helikopter, untuk operasi pencarian dan penyelamatan,” katanya kepada Kantor Berita Itar-Tass.

Andrianova mencatat bahwa satu pesawat pembawa tim penyelamat beranggotakan 42 orang lepas landas pada Jumat pukul 02.00 waktu Moskow. Tim penyelamat terdiri atas Centrospas, petugas medis, psikolog dan kelompok operasional.

“Semua penolong terlatih dalam mendaki gunung dan telah dilengkapi peralatan yang diperlukan. Mereka akan ambil bagian dalam mencari perekam penerbangan dan dalam pekerjaan lain,” kata Andrianova.

Advertisement

Dalam tim itu juga ada pakar dari Kementerian Industri dan Perdagangan Rusia, Komite Aviasi Antarnegara, perusahaan JSC (United Aircraft Corporation) dan Sukhoi Civil Aircrafts.

Menurut dia, setengah jam setelah tiba di Indonesia tim akan siap untuk terbang ke daerah tempat kecelakaan. Kementerian, lanjut dia, juga akan mengirimkan helikopter Bo-105 untuk membantu operasi pencarian.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif