News
Selasa, 12 Maret 2024 - 16:31 WIB

Suara Ganjar-Mahfud Melempem di Kandang Banteng

Erta Darwati & Oktaviano Db Hana  /  Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Capres-cawapres nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, dalam debat kelima pasangan capres-cawapres untuk Pemilihan Presien (Pilpres) 2024 di Jakarta Convention Center, DKI Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam. (Youtube/KPU RI)

Solopos.com, SOLO — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP menjadi jawara pada pemilihan legislatif (pileg) 2024 di Jawa Tengah dan Bali. Sayangnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden yang diusung partai berlambang banteng itu justru tak mampu menang di wilayah Kandang Banteng tersebut.

Istilah Kandang Banteng ini merujuk pada sejumlah daerah dengan basis kekuatan massa yang loyal mendukung PDIP. Selain Jawa Tengah, Provinsi Bali juga diketahui menjadi Kandang Banteng lantaran merupakan basis pemilih loyal PDIP.

Advertisement

Berdasarkan data rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 yang disahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), PDIP menjadi jawara di 8 dari 10 daerah pemilihan (Dapil) di Jawa Tengah.

Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Handi Tri Ujiono, menyampaikan hal itu dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara nasional di KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa (12/3/2024).

PDIP unggul dalam rekapitulasi suara di hampir semua dapil Jateng, di antaranya Dapil Jateng I, III, IV, V, VI, VII, VIII dan IX. Partai Banteng hanya kalah dari Partai Golkar di dua Dapil Jateng, yaitu Dapil Jateng II dan X.

Advertisement

Sementara Partai Golkar memimpin di Dapil Jateng II dan X, dengan masing-masing perolehan sebesar 470.328 suara dan 408.679 suara. Adapun, PDIP berada di bawah Golkar di Dapil Jateng II dengan perolehan 321.034 suara, dan di Dapil Jateng X dengan 333.972 suara.

Setali tiga uang, PDIP di Bali meraih suara terbanyak dalam Pemilu 2024. Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional untuk Provinsi Bali, Minggu (10/3/2024), PDIP mengantongi lebih dari 50% suara dari 2.460.686 suara sah untuk Pemilu Legislatif atau Pileg DPR RI.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Ironi Suara Ganjar-Mahfud Kala PDIP Tetap Perkasa di Kandang Banteng” 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif