News
Rabu, 9 April 2014 - 11:29 WIB

Status Gunung Sinabung Turun Jadi Siaga

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - AKTIVITAS GUNUNG SINABUNG

Harianjogja.com, JOGJA- Status Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatra Utara diturunkan menjadi Siaga, menyusul penurunan intensitas erupsi dan aktivitas vulkanik.

Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Badan Geologi, Surono dalam pesan singkat kepada Harianjogja.com, Rabu (9/4/2014) pagi.

Advertisement

“Sehubungan dengan telah terjadi penurunan intensitas erupsi dan aktivitas vulkanik, maka status Gunung Sinabung diturunkan dari Awas ke Siaga terhitung 8 April 2014, pukul 17:00 WIB,” demikian Surono menjelaskan.

Dari penurunan status menjadi siaga, pihaknya merekomendasikan warga di delapan desa dan satu dusun dapat dipulangkan. Delapan desa tersebut meliputi Desa Mardinding, Perbaji, Selandi, Sukanalu, Sigarang-garang, Kutarakyat, Kutatengah dan Kutagugung serta satu dusun yakni Lau Kawar.

Adapun warga yang harus tetap di pengungsian karena pemukiman mereka berada di depan bukaan kawah sehingga terancam awan panas, terdiri dari tujuh desa dan satu dusun.

Advertisement

Ketujuh desa meliputi Desa Sulkameriah, Bekerah, Simacem, Gurukinayan, Kutatonggal, Berastepu, Gamber dan satu Dusun Sibintun.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif