News
Kamis, 19 Januari 2012 - 15:01 WIB

SPMB: Proses Pendaftaran Mulai 1 Februari, Kuota UNS 5.290 Orang

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

SOLO – Panitia Pelaksana Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengumumkan ada 5.290 kuota yang disediakan mulai dari program SNMPTN dan SPMB Swadana. Proses pendaftaran dimulai pada Rabu (1/2/2012) mendatang.
Advertisement

Menurut Ketua Panitia SPMB UNS, Prof Drs Sutarno MSc PhD, berdasarkan peraturan pemerintah (PP) No 66/2010 jo Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 34/2010, UNS menjaring calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan SPMB swadana UNS. Dia mengatakan untuk penyelenggaraan SNMPTN, ada dua jalur yang bisa ditempuh yakni jalur undangan dan jalur ujian tertulis atau keterampilan. Pada porsi SNMPTN setiap Program studi (Prodi) mendapatkan kapasitas daya tampung 70%. Sementara untuk pelaksanaan SPMB swadana UNS, setiap Prodi mendapatkan kapasitas daya tampung 30%.

“Pendaftaran jalur undangan sudah dapat dimulai pada 1 Februari dan dilaksanakan secara online melalui website http://undangan.snmptn.ac.id,” jelas dia dalam jumpa pers di kantor rektorat, Kamis (19/1/2012).

Dia mengungkapkan jalur undangan ini merupakan seleksi penjaringan melalui prestasi akademik tanpa ujian tertulis ataupun keterampilan. Terkait ini pihak sekolah dapat mengajukan sejumlah murid yang memiliki prestasi terbaik.

Advertisement

Sementara bagi mereka yang akan ikut pada jalur ujian tertulis, pendaftaran dibuka secara online mulai Sabtu (10/3/2012) mendatang. Dia mengatakan jumlah kuota untuk ujian tertulis ini yakni 2.620 pendaftar sementara bagi mereka yang masuk melalui jalur undangan bisa mencapai 996 pendaftar atau sekitar 18,8% dari total kuota SPMB UNS.
“Tahun ini jumlah kuota meningkat sekitar 80 peserta dibandingkan sebelumnya karena adanya penambahan kelas di antaranya di Sastra Arab,” jelasnya.

Mengenai program beasiswa Bidik Misi, pihaknya belum mendapatkan kejelasan secara pasti dari Direktorat Perguruan Tinggi (Dikti). Dia mengatakan tahun ini UNS mengajukan permohonan bagi 1.061, jumlah ini meningkat dibandingkan sebelumnya yakni 400 mahasiswa. Pertimbangan mengajukan peningkatan beasiswa ini lantaran beberapa waktu lalu ada mahasiswa yang memenuhi persyaratan namun belum tercakup. “Diperkirakan untuk Bidik Misi dana yang dikucurkan masih sama yakni Rp6 juta per semester/per mahasiswa,” ungkap dia.

JIBI/SOLOPOS/Dina Ananti Sawitri Setyani

Advertisement

Tautan Ke Jadwal SPMB:
http://spmb.uns.ac.id/index.php?idMn=76&lang=id&kdMn=F

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif