News
Jumat, 5 April 2024 - 07:57 WIB

Solopos Hari Ini : Warga Solo Ingin Calon Nonpolitikus

Tim Solopos  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (5/4/2024).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang warga Solo ternyata lebih suka memilih sosok dari kalangan nonpolitikus atau nonpartai sebagai wali kota atau wakil wali kota diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (5/4/2024).

Di sisi lain, seperti diberitakan Solopos hari ini, survei juga menunjukkan Wa­­­kil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, yang me­­rupakan politikus PDIP, masih memiliki elek­tabilitas atau potensi keterpilihan paling ting­gi dibandingkan sejumlah tokoh lainnya.

Advertisement

Hal itu diketahui dari hasil survei tatap muka yang dilakukan Solopos Institute bertajuk Di­namika Elektoral Menuju Pilkada 2024, Sabtu-Rabu (16-20/3/2024). “Survei ini mengukur sejumlah hal, antara lain elektabilitas top of mind atau pilihan spontan publik, elektabilitas dalam simu­lasi tertutup 10 nama tokoh, dan evaluasi terhadap kinerja Wali Kota Solo dan Wakil Wali Kota Solo 2021-2024,” ujar Head of Solopos Institute, Syifaul Arifin, Kamis (4/4/2024).

Populasi survei adalah masyara­kat Kota Solo yang tersebar di li­ma kecamatan, yaitu Banjarsari, Laweyan, Serengan, Jebres, dan Pasar Kliwon. Sampel dipilih secara acak di semua kelurahan di setiap kecamatan dengan jumlah yang proporsional. Syarat menjadi sampel survei adalah warga Kota Solo (memiliki KTP Solo) yang memiliki hak pilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yaitu sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Advertisement

Populasi survei adalah masyara­kat Kota Solo yang tersebar di li­ma kecamatan, yaitu Banjarsari, Laweyan, Serengan, Jebres, dan Pasar Kliwon. Sampel dipilih secara acak di semua kelurahan di setiap kecamatan dengan jumlah yang proporsional. Syarat menjadi sampel survei adalah warga Kota Solo (memiliki KTP Solo) yang memiliki hak pilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yaitu sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel mengguna­kan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 525 orang yang berasal dari seluruh kelurahan di lima kecamatan di Kota Solo. Dengan jumlah sampel 525 responden tersebut, toleransi kesalahan (margin of error/MOE) sebesar +/-4,4% pada tingkat kepercayaan 95%.

Melihat Pergerakan Ekonomi Lewat Ekspedisi Mudik

Mudik adalah fenomena tahunan saat Lebaran yang membawa pengaruh yang sangat luas. Apalagi dengan prediksi bahwa musim mudik kali ini akan jauh lebih besar pergerakannya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, khususnya selepas usainya pandemi Covid-19.

Advertisement

Perjalanan yang berlangsung mulai Kamis (4/4/2024) sampai Selasa (9/4/2024) ini melibatkan Imam Yuda S. (manajer konten), Endhito Ferdy Ananda (videografer), Dhima Wahyu Sejati (reporter), dan pengemudi Mustofa yang menggunakan Daihatsu Terios. Ekspedisi Mudik 2024 berlangsung berkat kolaborasi Solopos Media Group dengan Djarum Foundation, Pertamina, Garuda Indonesia, Perusahaan Listrik Negara (PLN), Eiger, dan Astra Daihatsu.

Produk Minuman dan Makanan Terserap Optimal

JAKARTA–Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada Maret 2024 menunjukkan peningkatan signifikan, yaitu sebesar 53,05 atau naik 0,49 poin dibandingkan Februari 2024 yang sebesar 52,56. Ekspansi terbesar ditunjukkan industri minuman disusul makanan, melampaui farmasi serta obat kimia dan tradisional.

Mengutip laman indonesia.go.id, Kamis (4/4/2024), Kementerian Perindustrian merilis angka IKI Maret 2024 mencapai 53,05. Nilai tersebut meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan Februari 2024, yang sebesar 52,56. Kenaikan IKI pada Maret 2024 dipengaruhi peningkatan nilai IKI pada variabel persediaan produk dan pesanan, yang meningkat 1,35 poin atau mengalami ekspansi tinggi sebesar 55,63 dan merupakan yang tertinggi sejak IKI dirilis pada November 2022.

Advertisement

Kondisi tersebut, kata juru bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif di Jakarta, Rabu (27/3/2023), menunjukkan produk industri pengolahan terserap optimal di pasar, terutama pasar domestik. Momen Ramadan merupakan salah satu pendorong penyerapan produk industri secara optimal mengingat sejak awal 2024 ketidakstabilan kondisi perekonomian global menekan pesanan dan produksi industri pengolahan Indonesia.

THR di Wonogiri Seratusan Juta Rupiah

WONOGIRI—Peredaran uang tunjangan hari raya alias THR bagi buruh dan aparatur sipil negara (ASN) turut menggerakkan ekonomi di Kabupaten Wonogiri menjelang Lebaran. Sektor makanan dan minuman paling banyak kecipratan berkah dari THR tersebut.

Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Wonogiri mencatat setidaknya ada 29.079 karyawan yang bekerja di 490 perusahaan di Wonogiri. Sebagian besar karyawan itu bekerja di 43 perusahaan skala besar yang bergerak di sektor tekstil dan rumah sakit. Potensi jumlah total THR yang mereka terima sebanyak Rp59,5 miliar. Hal itu dengan asumsi setiap pekerja mendapatkan THR sebesar sekali gaji yang setara Upah Minimum Kabupaten (UMK) Wonogiri senilai Rp2.047.500.

Advertisement

Sementara itu, berdasarkan laporan realisasi Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Wonogiri, THR yang disalurkan kepada ASN Pemerintah Kabupaten Wonogiri sejumlah Rp62,2 miliar. Perincian THR itu untuk PNS sebanyak 7.482 orang senilai Rp38,9 miliar dan PPPK sejumlah 3.619 orang senilai Rp13,6 miliar.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (5/4/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif